Minggu, 02 Februari 2025

Senin, 03 Februari 2025

 TEMA 5 CUACA

SUBTEMA 4 CUACA, MUSIM DAN IKLIM

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Hari/Tanggal     : Senin, 03 Januari 2025

Tema                 : 5 Cuaca

Subtema               :  4 Cuaca, Muslim dan Iklim

Pembelajaran        : 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran

Metode                 : Tanya jawab, Diskusi


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema lima subtema tiga Dan hari ini kita sudah masuk di sub empat tentang Cuaca, musim dan iklim ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang cara menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.

Nah sekarang kita akan melanjutkan materi hari ini yaitu tentang pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman ,dalam kehidupan sehar hari di lingkungan sekitar serta menyelesaikan masalah sehari hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar. Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran :

1.Siswa dapat menjelaskan tentang pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman ,dalam kehidupan sehar hari di lingkungan sekitar.

2.Dengan benda kongkret siswa dapat menyelesaikan masalah sehari hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.


Bermain Papan Informasi

Udin dan teman-teman berkumpul di dalam kelas saat istirahat tiba. Mereka saling bertukar informasi tentang cuaca, musim, dan iklim.
Udin mengajak teman-teman di kelas bermain papan informasi. Udin meminta mereka membentuk kelompok.
Setiap informasi ditulis di atas sebuah papan kertas. Lalu, setiap kelompok menyampaikan informasi yang diperolehnya di depan kelas.


Ajaklah teman teman mu untuk bermain seperti mereka.Informasi apa saja yang bisa dituliska di. Papan tersebut?
Kumpulkan informasi yang akan di tulis di papan.




Ayo Bercerita

Usai bermain, waktu istirahat pun selesai. Sisa-sisa kertas bekas bermain papan informasi berserakan
di lantai kelas. Siti mengajak teman-teman untuk membersihkan kelas.


Ajaklah teman-temanmu untuk membersihkan kelas. Sampaikan bahwa bersatu dalam melakukan suatu hal itu penting dan bermanfaat.

Ayo Mengamati

Usai bermain, waktu istirahat pun selesai. Sisa-sisa kertas bekas bermain papan informasi berserakan
di lantai kelas. Siti mengajak teman-teman untuk membersihkan kelas.

Ajaklah teman-temanmu untuk membersihkan kelas. Sampaikan bahwa bersatu dalam melakukan suatu hal itu penting dan bermanfaat.

Ayo Mengamati

Berkarya dengan Kertas Bekas Kelas Siti dan teman-teman sudah terlihat bersih.
Siti melihat tumpukan kertas bekas bermain  terbuang percuma. 

Siti mengambil sisa kertas tadi dan membuat potongan kertas untuk belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama. 
Inilah contoh alat peraga Siti dari barang bekas.



Masih ingatkah kamu dengan pengurangan pecahan berpenyebut sama?
Kamu dapat membuat alat peraga untuk membantu belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa Alhamdulillah semua peserta didik sudah mampu menyelesaikan masalah sehari hari terkait pengurangan berpenyebut sama.
Peserta didik sudah mampu menjawab soal dengan baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 11 Maret 2025

  TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret  2025 Tema           ...