TEMA 5 CUACA
SUBTEMA 4 CUACA, MUSIM DAN IKLIM
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Hari/Tanggal : Selasa, 04 Januari 2025
Subtema : 4 Cuaca, Muslim dan Iklim
Pembelajaran : 6
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, Diskusi
Assalamualaikum wr wb
Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang cara menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.
Nah sekarang kita akan melanjutkan materi hari ini yaitu tentang pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman ,dalam kehidupan sehar hari di lingkungan sekitar serta menyelesaikan masalah sehari hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar. Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan presentasi, siswa mampu mengampanyekan manfaat sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan jelas dan menarik.
2. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyusun informasi tentang hubungan cuaca, musim, dan iklim dalam bentuk kalimat efektif dengan tepat.
3. Dengan berlatih, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.
Musim hujan sudah hampir tiba. Beni mengajak anggota keluarganya untuk bersama-sama membersihkan rumah. Ibu menyapu di dalam rumah. Kakak Beni menyapu halaman. Ayah menggunting tanaman yang lebat. Beni mencabut rumput liar di halaman. Anggota keluarga boleh membersihkan rumah sesuai kemampuan masing-masing.
Sudahkah kamu mengajak anggota keluarga untuk melakukan suatu kegiatan bersama-sama? Bersatu dalam keberagaman keluarga amatlah penting.
Usai membersihkan rumah, Dayu dan anggota keluarga menikmati hidangan martabak. Dayu memotong lingkaran martabak menjadi beberapa bagian. Potongan martabak itu mengingatkan Dayu akan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Berikut contoh soalnya ya nak!
Dayu telah mengumpulkan informasi tentang cuaca, musim, dan iklim. Dayu menulis pokok informasi tersebut di potongan-potongan kertas. Satu potongan kertas berisi satu informasi. Dayu lalu membuat tiga kotak informasi di selembar kertas. Setiap kotak diberi judul: Cuaca, Musim, dan Iklim.
Dayu mengajak anggota keluarganya untuk bermain menyusun informasi. Setiap informasi ditempelkan pada kotak yang tepat.
Pada halaman 219, pokok informasi tentang cuaca, musim, dan iklim telah tersedia.
Guntinglah pokok-pokok informasi tersebut. Lalu tempelkan pada kotak dengan judul yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar