TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA
SUBTEMA 2 PERUBAHAN ENERGI
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Hari/Tanggal : Jumat, 14 Februari 2025
Tema : 6 Energi dan Perubahannya
Subtema : 2 Perubahan Energi
Pembelajaran : 5
Alat peraga : Video Pembelajaran, Ppt
Metode : Tanya jawab, kerja kelompok
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema lima dan sekarang kita akan mempelajari materi ditema enam ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰
Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang sumber energi dan mengenal lama nya waktu dalam kegiatan sehari-hari dan menyebutkan hak dan kewajiban cara menghemat energi. Nah sekarang kita akan memperlajari tentang Perubahan energi (macam-macam bentuk energi)
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi kewajiban yang terkait dengan penggunaan energi.
2. Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Ayo Membaca
Siswa membutuhkan sarana belajar. Sarana
itu diperlukan agar siswa dapat belajar dengan
nyaman di sekolah. Siswa perlu ruang kelas yang
bersih. Siswa perlu halaman untuk bermain dan
berolah raga. Sekolah juga harus menyediakan
energi listrik untuk keperluan belajar. Listrik
untuk penerangan. Listrik untuk menyediakan air.
Juga listrik untuk menghidupkan peralatan yang
diperlukan selama belajar.
Setiap bulan sekolah harus membayar penggunaan
energi listrik. Sebagai warga sekolah siswa wajib
ikut melakukan penghematan listrik. Matikan
lampu kelas jika tidak diperlukan. Matikan keran air
setelah digunakan.
Sebagai warga sekolah yang baik siswa wajib
menunjukkan kepedulian atas penggunaan energi
di sekolah. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam
memenuhi kewajiban melakukan penghematan
energi.
Perilaku hemat merupakan perilaku yang disukai
Tuhan. Tuhan menyukai orang-orang yang berbuat
hemat. Tuhan menyukai orang-orang yang tidak
melakukan pemborosan.
Kalian telah membaca wacana di atas.
Kemudian, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa sajakah yang dibutuhkan agar kalian dapat
belajar dengan nyaman? Berikan 3 contoh!
a. _________________________________________
b. _________________________________________
c. _________________________________________
2. Apa yang perlu disediakan sekolah agar siswanya
dapat belajar dengan nyaman? Berikan 3 contoh!
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
3. Apa kewajiban siswa terhadap sarana yang
disediakan sekolah?
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
4. Untuk apa sajakah energi listrik digunakan di
sekolah? Berikan 3 contoh!
a. _________________________________________
b. _________________________________________
c. _________________________________________
5. Tuliskan 3 peristiwa perubahan energi yang
terjadi sehari-hari.
a. _________________________________________
b. _________________________________________
c. _________________________________________
Ayo Berlatih
Sebagai warga sekolah yang baik kalian memiliki
kewajiban untuk menggunakan energi dengan
baik. Berikut ini contoh perilaku yang menunjukkan
kewajiban menggunakan energi dengan baik.
Berikan tanda centang (√) pada gambar yang
sesuai. Berikan tanda silang (X) pada gambar
yang tidak sesuai!


Kalian harus melaksanakan kewajiban dengan
penuh tanggung jawab. Penghematan energi
merupakan tanggung jawab kalian. Menghemat
energi sangat penting bagi kehidupan. Sikap ini
merupakan rasa syukur kepada Tuhan.
Ayo Berlatih
Setiap hari kita menggunakan energi. Tanpa energi
manusia tidak dapat melakukan aktivitas. Semakin
lama aktivitas dilakukan, maka semakin besar
energi yang digunakan.
Hitunglah lama waktu pada kegiatan berikut!
Tentukan satuan waktu yang sesuai!
Pada tabel ada lima (5) kegiatan. Kegiatan
manakah yang paling lama? _____________________
Kegiatan manakah yang paling singkat?
______________________________________________
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menyebutkan hak dan kewajiaban bagaimana cara memanfaatkan hemat energi. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami atau menyebutkan hak dan kewajiban menghemat energi..
Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contoh konkret contoh memwatikan keran air saat tidak digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar