Rabu, 12 Februari 2025

Jumat, 14 Februari 2025

  TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 2 PERUBAHAN ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Hari/Tanggal     : Jumat, 14 Februari 2025

Tema                : 6 Energi dan Perubahannya

Subtema               :  2 Perubahan Energi

Pembelajaran        : 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran, Ppt

Metode                 : Tanya jawab, kerja kelompok

Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema lima dan sekarang kita akan mempelajari materi ditema enam ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang sumber energi dan mengenal lama nya waktu dalam kegiatan sehari-hari dan menyebutkan hak dan kewajiban cara menghemat energi. Nah sekarang kita akan memperlajari tentang Perubahan energi (macam-macam bentuk energi)

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,

Tujuan Pembelajaran           :


1.      Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi kewajiban yang terkait dengan penggunaan energi.

2.      Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.


Ayo Membaca



Siswa membutuhkan sarana belajar. Sarana itu diperlukan agar siswa dapat belajar dengan nyaman di sekolah. Siswa perlu ruang kelas yang bersih. Siswa perlu halaman untuk bermain dan berolah raga. Sekolah juga harus menyediakan energi listrik untuk keperluan belajar. Listrik untuk penerangan. Listrik untuk menyediakan air. Juga listrik untuk menghidupkan peralatan yang diperlukan selama belajar.

Setiap bulan sekolah harus membayar penggunaan energi listrik. Sebagai warga sekolah siswa wajib ikut melakukan penghematan listrik. Matikan lampu kelas jika tidak diperlukan. Matikan keran air setelah digunakan. Sebagai warga sekolah yang baik siswa wajib menunjukkan kepedulian atas penggunaan energi di sekolah. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam memenuhi kewajiban melakukan penghematan energi. Perilaku hemat merupakan perilaku yang disukai Tuhan. Tuhan menyukai orang-orang yang berbuat hemat. Tuhan menyukai orang-orang yang tidak melakukan pemborosan. Kalian telah membaca wacana di atas.

 Kemudian, jawablah pertanyaan berikut! 
1. Apa sajakah yang dibutuhkan agar kalian dapat belajar dengan nyaman? Berikan 3 contoh!
 a. _________________________________________ 
 b. _________________________________________
 c. _________________________________________ 

2. Apa yang perlu disediakan sekolah agar siswanya dapat belajar dengan nyaman? Berikan 3 contoh! ____________________________________________ ____________________________________________ ____________________________________________

3. Apa kewajiban siswa terhadap sarana yang disediakan sekolah? ____________________________________________ ____________________________________________ ____________________________________________ 

4. Untuk apa sajakah energi listrik digunakan di sekolah? Berikan 3 contoh! 
a. _________________________________________ 
b. _________________________________________ 
c. _________________________________________ 

5. Tuliskan 3 peristiwa perubahan energi yang terjadi sehari-hari. 
a. _________________________________________ 
b. _________________________________________ 
c. _________________________________________


Ayo Berlatih
 
Sebagai warga sekolah yang baik kalian memiliki kewajiban untuk menggunakan energi dengan baik. Berikut ini contoh perilaku yang menunjukkan kewajiban menggunakan energi dengan baik. Berikan tanda centang (√) pada gambar yang sesuai. Berikan tanda silang (X) pada gambar yang tidak sesuai! 




Kalian harus melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Penghematan energi merupakan tanggung jawab kalian. Menghemat energi sangat penting bagi kehidupan. Sikap ini merupakan rasa syukur kepada Tuhan.

Ayo Berlatih
Setiap hari kita menggunakan energi. Tanpa energi manusia tidak dapat melakukan aktivitas. Semakin lama aktivitas dilakukan, maka semakin besar energi yang digunakan. Hitunglah lama waktu pada kegiatan berikut! Tentukan satuan waktu yang sesuai!



Pada tabel ada lima (5) kegiatan. Kegiatan manakah yang paling lama? _____________________ 
Kegiatan manakah yang paling singkat? ______________________________________________

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menyebutkan hak dan kewajiaban bagaimana cara memanfaatkan hemat energi. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami atau menyebutkan hak dan kewajiban menghemat   energi..
 Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contoh konkret contoh memwatikan keran air saat tidak digunakan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 11 Maret 2025

  TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret  2025 Tema           ...