Selasa, 11 Februari 2025

Rabu, 12 Februari 2025

 TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 2 PERUBAHAN ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Hari/Tanggal     : Rabu, 12 Februari 2025

Tema                : 6 Energi dan Perubahannya

Subtema               :  2 Perubahan Energi

Pembelajaran        : 3

Alat peraga           : Video Pembelajaran, Ppt

Metode                 : Tanya jawab, kerja kelompok


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema lima dan sekarang kita akan mempelajari materi ditema enam ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang sumber energi dan mengenal lama nya waktu dalam kegiatan sehari-hari dan menyebutkan hak dan kewajiban cara menghemat energi. Nah sekarang kita akan memperlajari tentang Perubahan energi (macam-macam bentuk energi)

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,

Tujuan Pembelajaran :

Tujuan Pembelajaran           :

1.      Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat

2.      Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.

3.      Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.

Ayo Membaca 

Minggu lalu siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka masih membicarakan kegiatan tersebut. Berikut ini percakapan mereka. “Selamat pagi, teman-teman”, sapa Siti kepada teman-temannya. “Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman Siti. “Bagaimana kabar kamu Siti? Apakah kamu sudah sembuh?” “Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”, jawab Siti. “Oh ya, bagaimana kunjungan ke Waduk Jatiluhur kemarin? menyenangkan tidak teman-teman?” “Sangat menyenangkan. Banyak ilmu yang didapat.” jawab Edo. “Ilmu apa Do’?”, tanya Siti. “Ternyata, waduk itu dapat dijadikan pembangkit listrik”, jelas Edo. “Iya, makanya waduk Jatiluhur itu disebut sebagai waduk untuk PLTA, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air”, tambah Udin. “Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?” tanya Siti lagi. “Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.” “Bagaimana caranya energi air menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.




“Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik,” jelas Udin. “Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik,” Lani menambahkan. “Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo melengkapi.

“Oh begitu ya. Terima kasih ceritanya ya temanteman,” ujar Siti kepada teman-temannya. Begitulah keseruan pembicaraan Siti dan temantemannya. Dari pembicaraan mereka kalian mendapatkan informasi tentang manfaat waduk sebagai pembangkit listrik. Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata. Betapa besar manfaat waduk. Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika waduk kering. Sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi berkurang. Sekarang coba pikirkan, apa akibatnya jika tidak ada listrik. Apa pula akibatnya jika sawah kering? Kalian telah membaca wacana di atas.



Ayo Menari 

Lani telah selesai bercakap-cakap dengan temanteman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat. Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!







Semakin kuat gerakan pada tarian, semakin besar energi yang dibutuhkan. Bahkan seorang penari dapat bercucuran keringat ketika menari. Karena menari menguras energi. Ayo Berlatih Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah. Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.





Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya masing-masing kegiatan.



Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, serta dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.
Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, serta dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.
 Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contoh dengan menggunakan alat peraga jam.








 












 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 11 Maret 2025

  TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret  2025 Tema           ...