TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA
SUBTEMA 2 PERUBAHAN ENERGI
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Hari/Tanggal : Rabu, 12 Februari 2025
Tema : 6 Energi dan Perubahannya
Subtema : 2 Perubahan Energi
Pembelajaran : 3
Alat peraga : Video Pembelajaran, Ppt
Metode : Tanya jawab, kerja kelompok
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema lima dan sekarang kita akan mempelajari materi ditema enam ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰
Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang sumber energi dan mengenal lama nya waktu dalam kegiatan sehari-hari dan menyebutkan hak dan kewajiban cara menghemat energi. Nah sekarang kita akan memperlajari tentang Perubahan energi (macam-macam bentuk energi)
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,
Tujuan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat
2. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.
3. Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Ayo Membaca
Minggu lalu siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati
Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa
Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka
masih membicarakan kegiatan tersebut. Berikut ini
percakapan mereka.
“Selamat pagi, teman-teman”, sapa Siti kepada
teman-temannya.
“Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman
Siti.
“Bagaimana kabar kamu Siti? Apakah kamu
sudah sembuh?”
“Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”, jawab Siti. “Oh ya, bagaimana kunjungan ke
Waduk Jatiluhur kemarin? menyenangkan tidak
teman-teman?”
“Sangat menyenangkan. Banyak ilmu yang
didapat.” jawab Edo.
“Ilmu apa Do’?”, tanya Siti.
“Ternyata, waduk itu dapat dijadikan pembangkit
listrik”, jelas Edo.
“Iya, makanya waduk Jatiluhur itu disebut
sebagai waduk untuk PLTA, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air”, tambah Udin.
“Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga
Air?” tanya Siti lagi.
“Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.”
“Bagaimana caranya energi air menjadi energi
listrik?” Siti semakin ingin tahu.

“Energi gerak air akan memutar alat yang disebut
turbin, lalu turbin menggerakkan generator
listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang
akan menghasilkan tenaga listrik,” jelas Udin.
“Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke
gardu-gardu listrik,” Lani menambahkan.
“Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan
ke rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo
melengkapi.
“Oh begitu ya. Terima kasih ceritanya ya temanteman,” ujar Siti kepada teman-temannya.
Begitulah keseruan pembicaraan Siti dan temantemannya. Dari pembicaraan mereka kalian
mendapatkan informasi tentang manfaat waduk
sebagai pembangkit listrik.
Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga
digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi
atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai
tempat wisata. Betapa besar manfaat waduk.
Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan
terjadi jika waduk kering. Sawah-sawah akan
kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi
berkurang.
Sekarang coba pikirkan, apa akibatnya jika tidak
ada listrik. Apa pula akibatnya jika sawah kering?
Kalian telah membaca wacana di atas.

Ayo Menari
Lani telah selesai bercakap-cakap dengan temanteman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya
untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan
berlatih gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya
hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan
musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus
lebih kuat.
Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian,
kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang
cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus
diayunkan lebih kuat.
Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!


Semakin kuat gerakan pada tarian, semakin besar
energi yang dibutuhkan. Bahkan seorang penari
dapat bercucuran keringat ketika menari. Karena
menari menguras energi.
Ayo Berlatih
Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman
berlatih berhitung. Mereka akan menghitung
kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai
panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.
Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok.
Masing-masing kelompok menghitung lamanya
kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja
guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu
kegiatan.
Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian Lani.
Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya
masing-masing kegiatan.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, serta dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.
. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, serta dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.
Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contoh dengan menggunakan alat peraga jam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar