TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA
SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Hari/Tanggal : Kamis, 06 Februari 2025
Subtema : 1 Sumber Energi
Pembelajaran : 3 dan 4
Alat peraga : Video Pembelajaran, Ppt
Metode : Tanya jawab, Diskusi
Assalamualaikum wr wb
Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang sumber energi dan mengenal lama nya waktu dalam kegiatan sehari-hari. Nah sekarang kita akan memperlajari tentang
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah, menemukan kosa kata yang berkaitan dengan perubahan energi, melakukan gerak kuat dan lemah pada kaki, dan menentukan satuan waktu.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat
2. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.
3. Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Matahari, udara, air, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber energi. Sumber energi terbesar di bumi adalah Matahari. Tanpa matahari, tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis. Fotosintesis ini menghasilkan makanan dan oksigen. Makanan dan oksigen sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, sinar matahari juga digunakan sebagai sumber energi listrik melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).
Air juga merupakan sumber energi. Tubuh kita memerlukan air sekitar 3 liter tiap hari. Air dan makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain itu, tumbuhan dan hewan juga merupakan sumber energi, karena sebagian besar makanan dihasilkan oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan untuk makanannya.
1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat
2. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.
3. Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Matahari, udara, air, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber energi. Sumber energi terbesar di bumi adalah Matahari. Tanpa matahari, tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis. Fotosintesis ini menghasilkan makanan dan oksigen. Makanan dan oksigen sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, sinar matahari juga digunakan sebagai sumber energi listrik melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).
Air juga merupakan sumber energi. Tubuh kita memerlukan air sekitar 3 liter tiap hari. Air dan makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain itu, tumbuhan dan hewan juga merupakan sumber energi, karena sebagian besar makanan dihasilkan oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan untuk makanannya.
Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh, tapi juga sumber energi listrik. Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau (PLTA). Aliran air dari waduk/bendungan memiliki kekuatan yang disebut Energi Kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan menggerakkan generator listrik. Generator listrik inilah yang membangkitkan energi listrik. Selain sebagai pembangkit listrik, waduk/ bendungan juga digunakan untuk irigasi (pengairan sawah), perikanan, dan sebagai tempat wisata.
Udara juga merupakan sumber energi bagi tubuh, yaitu untuk bernapas karena udara mengandung Oksigen. Selain itu, udara juga dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik yang dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Udara yang bergerak disebut bayu atau angin. Bayu (angin) memiliki energi kinetik. Energi kinetik inilah yang dapat menggerakkan kincir. Kincir angin dapat menggerakkan generator listrik. Generator listrik akan membangkitkan energi listrik.
Sumber energi bagi kendaraan adalah BBM (Bahan Bakar Minyak). BBM berasal dari fosil hewan. Fosil hewan adalah hewan yang mati dan tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang lalu. Selain itu, BBM juga digunakan untuk menyalakan kompor, untuk mesian-mesin di pabrik. Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman - teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih Gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya.
Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh, tapi juga sumber energi listrik. Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau (PLTA). Aliran air dari waduk/bendungan memiliki kekuatan yang disebut Energi Kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan menggerakkan generator listrik. Generator listrik inilah yang membangkitkan energi listrik. Selain sebagai pembangkit listrik, waduk/ bendungan juga digunakan untuk irigasi (pengairan sawah), perikanan, dan sebagai tempat wisata.
Udara juga merupakan sumber energi bagi tubuh, yaitu untuk bernapas karena udara mengandung Oksigen. Selain itu, udara juga dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik yang dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Udara yang bergerak disebut bayu atau angin. Bayu (angin) memiliki energi kinetik. Energi kinetik inilah yang dapat menggerakkan kincir. Kincir angin dapat menggerakkan generator listrik. Generator listrik akan membangkitkan energi listrik.
Sumber energi bagi kendaraan adalah BBM (Bahan Bakar Minyak). BBM berasal dari fosil hewan. Fosil hewan adalah hewan yang mati dan tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang lalu. Selain itu, BBM juga digunakan untuk menyalakan kompor, untuk mesian-mesin di pabrik. Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman - teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih Gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya.
Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat. Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!
Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.
Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami apa itu sumber energi dan kegunaannya serta mampu memahami lamanya waktu pada kegiatan sehari-hari. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami pamanya waktu pada kegiatan sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contohnya.
Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat. Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!
Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.
Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar