Rabu, 05 Februari 2025

Kamis, 06 Februari 2025

 TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Hari/Tanggal     : Kamis, 06 Februari 2025

Tema                : 6 Energi dan Perubahannya

Subtema               :  1 Sumber Energi

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat peraga           : Video Pembelajaran, Ppt

Metode                 : Tanya jawab, Diskusi


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru hari ini...semoga baik dan sehat-sehat semua ya. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema lima dan sekarang kita akan mempelajari materi ditema enam ya sayang ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang sumber energi dan mengenal lama nya waktu dalam kegiatan sehari-hari. Nah sekarang kita akan memperlajari tentang

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah, menemukan kosa kata yang berkaitan dengan perubahan energi, melakukan gerak kuat dan lemah pada kaki, dan menentukan satuan waktu.

Tujuan Pembelajaran :

1.    Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat

2.      Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.

3.      Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.

 

Semua   benda   yang   menghasilkan   energi   disebut   sumber   energi.   Matahari, udara,  air,  tumbuhan,  dan  hewan   merupakan  sumber  energi.  Sumber  energi terbesar   di   bumi    adalah   Matahari.   Tanpa   matahari,   tumbuhan   tidak   bisa melakukan   fotosintesis.   Fotosintesis   ini   menghasilkan   makanan   dan   oksigen. Makanan  dan  oksigen  sangat  penting  untuk  kelangsungan  hidup  manusia  dan makhluk   hidup   lainnya.   Selain   itu,   sinar   matahari   juga   digunakan   sebagai sumber energi listrik melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

 

Air  juga  merupakan  sumber  energi.  Tubuh  kita  memerlukan  air  sekitar  3  liter tiap  hari.  Air  dan  makanan  merupakan  sumber  energi  bagi  tubuh.  Selain  itu, tumbuhan  dan  hewan  juga  merupakan  sumber  energi,  karena  sebagian  besar makanan dihasilkan oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan untuk makanannya.




Air  bukan  hanya  sumber   energi   bagi   tubuh,  tapi   juga   sumber  energi   listrikBendungan   atau   waduk   yang   dimanfaatkan  untuk   menghasilkan  energi   listrik disebut  Pembangkit  Listrik  Tenaga  Air  atau  (PLTA).  Aliran  air  dari waduk/bendungan    memiliki    kekuatan    yang    disebut    Energi    Kinetik.    Energi kinetik    air    menggerakkan    kincir    atau    turbin.    Gerakan    kincir    air    akan menggerakkan   generator   listrik.   Generator   listrik   inilah   yang   membangkitkan energi    listrik.    Selain    sebagai    pembangkit    listrik,    waduk/    bendungan    juga digunakan   untuk   irigasi   (pengairan   sawah),   perikanan,   dan   sebagai   tempat wisata.

Udara    juga    merupakan    sumber    energi    bagi    tubuh,   yaitu    untuk    bernapas karena udara mengandung Oksigen. Selain itu, udara juga dimanfaatkan untuk menghasilkan  listrik   yang   dinamakan   Pembangkit   Listrik   Tenaga   Bayu   (PLTB). Udara  yang   bergerak   disebut   bayu   atau   angin.   Bayu   (angin)   memiliki   energi kinetik.   Energi   kinetik   inilah   yang   dapat   menggerakkan   kincir.   Kincir   angin dapat   menggerakkan   generator   listrik.   Generator   listrik   akan   membangkitkan energi listrik.


Sumber   energi   bagi   kendaraan   adalah   BBM   (Bahan   Bakar   Minyak).   BBM berasal  dari  fosil  hewan.  Fosil  hewan  adalah  hewan  yang  mati  dan  tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang lalu. Selain itu, BBM juga digunakan untuk menyalakan kompor, untuk mesian-mesin di pabrik. Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman - teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih Gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya.


Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakakaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat.  Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!





Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.


  Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.




Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami apa itu sumber energi dan kegunaannya serta mampu memahami lamanya waktu pada kegiatan sehari-hari. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami pamanya waktu pada kegiatan sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 11 Maret 2025

  TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret  2025 Tema           ...