TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA
SUBTEMA 3 AKU SUKA BERPETUALANG
KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal : Rabu, 14 Mei 2025
Tema : 8 Praja Muda Karana
Subtema : 3 Aku Suka Beepetualang
Pembelajaran : 3 dan 4
Alat peraga : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.
Metode : Tanya jawab, Diskusi
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 7 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 8 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰
Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menggambar jenis lambang/simbol lalu lintas. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan pancasila.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar.
2. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.
3. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai pengamalan sila Pancasila dengan benar.

Bersepeda Bersama Teman
Hari ini Udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda. Tidak semua teman Udin ikut bermain menggunakan sepeda. Teman Udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda.
Udin dan teman-teman melewati jalan raya.
Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas. Lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna. Yaitu merah, kuning, dan hijau. Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus berhenti.
Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.
Untuk materi pembelajaran 3 lebih lanjut mengenai pembelajaran Matematika dapat disimak video berikut ini
Ayo Membaca!

Kekayaan Indonesia
Indonesia dianugerahi perairan yang luas. Pemandangan bawah laut Indonesia sangatlah indah. Indonesia memiliki kekayaan laut yang paling beragam di dunia.
Perairan menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk di pantai. Ikannya yang melimpah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ikan dapat menjadi sumber makanan bergizi.
Keindahan laut juga dapat menjadi tempat wisata yang menarik. Laut dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk beristirahat. Laut juga dapat menjadi mata pencaharian bagi pengelola wisata.
Kebiasaan masyarakat di dekat laut berbeda dengan masyarakat di pegunungan. Penduduk di Indonesia sangat beragam wilayah tempat tinggalnya. Keragaman wilayah tempat tinggal membuat beragam pula kebiasaan masyarakatnya. Hal ini menyebabkan beragam rumah adat yang ada di Indonesia. Hal ini pula menyebabkan beragam pakaian adat di Indonesia. Perbedaan ini membuat Indonesia menjadi semakin kaya. Walaupun berbeda kebiasaan, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun dan damai.
Ayo Membaca!
Selain permainan Jala ikan yang mengasyikkan. Menyantap ikan juga baik untuk kesehatan. Ikan mengandung banyak protein. Berikut ini berbagai ikan yang biasa dikonsumsi.
Apakah kamu suka makan ikan tersebut?
Di mana kamu dapat menemukan penjual ikan tersebut?
Para nelayan menjual ikan hasil tangkapan di pasar ikan. Penjual ikan di warung dan pasar membeli ikan di pasar ikan.
Perhatikan gambar di atas!
Ibu Siti ingin membeli ikan di Pasar Ikan. Perhatikan papan petunjuk arah pada gambar! Kemana Ibu Siti harus menuju dari tempatnya berdiri saat ini?
Jawab : Ibu siti menuju arah belok kanan
Papan petunjuk tersebut termasuk rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas terdiri dari beberapa jenis.
Di antara jenis-jenis rambu sebagai berikut.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menyebutkan sikap yang sesuai sila pancasila dengan benar. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu menyebutkan sikap yang sesuai dengan pancasila dengan tepat. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Assalamualaikum ibu Guru
BalasHapusAlkalisya Mozar...Hadir🙏
Assalamualaikum Bu, Daffa Naufal Hade kls 3B, hadir Bu 🙏
BalasHapusassalamu'alaikum wr wb
BalasHapusKenzo Amor Nugroho 3B
Hadir
Assalamu'alaikum..Anindya Sofia 3B hadir bu guru 🙏🥰
BalasHapusAssalamu 'alaikum.. M.sultan azfar 3B hadir bu guru
BalasHapusAssalamualaikum wr.wb, Muhammad fadlan Atharsyah Kelas 3B hadir Bu Hesti🙏🥰
BalasHapusAssalamualaikum Bu guru,,, Ratu Ayu Dewi Anggi Rengganis Wisesa 3B hadir 🙏🏻
BalasHapusAssalamualaikum Fadil Pranaja 3B hadir
BalasHapusAssalamualaikum
BalasHapusNayyara arsyila azzahra putri hadir bu
Assalamualaikum Nauranisa fauzi wibowo hadir bu guru
BalasHapus