Senin, 19 Mei 2025

Selasa, 20 Mei 2025

  TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Selasa, 20 Mei 2025

Tema                : 8 Praja Muda Karana

Subtema               :  4 Aku Suka Berkarya

Pembelajaran        : 2

Alat peraga           : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode                 : Tanya jawab, Diskusi


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 7 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 8 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang  membuat diagram dalam bentuk gambar dengan tepat. Nah sekarang kita akan mempelajari sub tema 4

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,

 Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar. 

2. Setelah membaca siswa dapat menceritakan kembali ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang  delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.

3. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar. 

4. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.

5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan gerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dengan benar.

6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dengan benar.

Ayo Membaca

Menjadi Petugas Penerima Tamu Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas  memberikan penjelasan tentang SD Nusantara. 

Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima  tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah  sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah.

Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas. Para penerima tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.

Ayo Menulis

Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu!

Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf. 

Contoh

Edo anak yang rajin. Semua tugas sekolah selalu dikerjakan tepat waktu. Edo juga selalu membantu orang tua. Edo selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Pikiran pokok dari paragraf di atas adalah “Edo anak yang rajin”.

Sikap anak-anak SD Nusantara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bekerja sama saat menerima tamu. Kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Para tamu merasa senang berkunjung ke SD Nusantara. Udin juga mampu membagi tugas dengan baik.

Semua anak terlibat dalam melaksanakan program kebersihan sekolah. Semua anak ikut berdiskusi untuk menentukan program kebersihan sekolah. Semua anak mendapat kesempatan memberikan pendapat. 


Manakah dari contoh sikap tersebut yang pernah kamu lakukan?

Ceritakan kepada teman-temanmu!

Bekerja sama termasuk pengamalan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Simbol sila ketiga berupa pohon beringin. Bangsa Indonesia sangat besar dan beragam.  Sila ketiga berpesan agar kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh warga negara juga berkewajiban menjaga nama baik Indonesia. Kerja sama dengan teman bagian dari pengamalan sila ketiga. Bekerja sama membuat tugas menjadi lebih ringan dan mudah. 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰.

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampumengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar.  Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 04 Mei 2025

  PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) (Remedian dan Pengayaan) KELAS 3 SEMESTER GANJIL  SD AL AZHAR 2 BANDAR  LAMPUNG  Assalamualaikum wr wb Good...