Rabu, 30 Juli 2025

Kamis, 31 Juli 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Kamis, 31 Juli 2025

Mata Pelajaran : IPAS, Seni Rupa

Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, diskusi, Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang struktur panca indra, menggambar anatomi mata, Nah hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita ya. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN

Mengidentifikasi bentuk dan fungsi pancaindra manusia serta cara menjaga kesehatannya. 

Materi :

1  Struktur sederhana mata adalah:

  • Kornea: Lapisan bening yang melindungi mata.

  • Pupil: Lubang kecil tempat cahaya masuk.

  • Iris: Bagian berwarna mata yang mengatur besar kecilnya pupil.

  • Lensa: Memfokuskan cahaya ke retina.

  • Retina: Menangkap cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal ke otak.

  • Saraf optik: Mengirimkan sinyal gambar ke otak.

  • Fungsi: Melihat dan mengenali bentuk, warna, dan gerakan.


2  2. Telinga – Indera Pendengaran dan Keseimbangan.

      STruktur Sederhana Telinga:

  • Telinga luar: Menangkap suara (daun telinga dan saluran telinga).

  • Telinga tengah: Mengirimkan getaran suara (gendang telinga dan tulang pendengaran).

  • Telinga dalam: Mengubah getaran menjadi sinyal dan mengatur keseimbangan (koklea dan kanalis semisirkularis).

  • Fungsi: Mendengar suara dan menjaga keseimbangan tubuh.




    3. Hidung – Indera Penciuman

      Struktur Sederhana Hidung:

  • Lubang hidung: Tempat udara masuk.

  • Rongga hidung: Menghangatkan dan membersihkan udara.

  • Saraf penciuman: Mendeteksi bau dan mengirimkan ke otak.

  • Fungsi: Mencium bau dan membantu proses pernapasan.




4  4. Lidah – Indera Peras 

      Struktur Sederhana Lidah:

  • Papila lidah: Tonjolan kecil tempat kuncup-kuncup perasa berada.

  • Kuncup perasa: Mendeteksi rasa manis, asin, asam, pahit, dan umami.

  • Fungsi: Mengecap rasa dan membantu dalam berbicara dan menelan.




5  5.Kulit – Indera Peraba 

      Struktur Sederhana Kulit:

  • Epidermis: Lapisan luar pelindung.

  • Dermis: Mengandung ujung saraf peraba, kelenjar keringat, dan pembuluh darah.

  • Ujung saraf: Merasakan sentuhan, tekanan, suhu, dan nyeri.

  • Fungsi: Merasakan sentuhan, panas, dingin, dan sakit.



SENI RUPA

TUJUAN PEMBELAJARAN

Mengidentifikasi berbagai unsur rupa (titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang) yang ada di lingkungan sekitar.

Materi

Unsur-unsur seni rupa dalam gambar pemandangan mencakup titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, ruang dan gelap terang. Prinsip-prinsip seni rupa seperti kesatuan, keseimbangan, dan proporsi juga berperan penting dalam menciptakan komposisi yang harmonis dalam gambar pemandangan. 
Dalam menggambar pemandangan, semua unsur ini bekerja sama untuk menciptakan gambar yang indah dan bermakna. Misalnya, garis digunakan untuk membentuk gunung dan pohon, warna digunakan untuk menggambarkan langit dan pepohonan, dan gelap terang digunakan untuk menciptakan kesan matahari terbit atau terbenam. 
Selain unsur-unsur, prinsip-prinsip seni rupa juga penting untuk diperhatikan dalam menggambar pemandangan. Prinsip-prinsip ini membantu menciptakan komposisi yang seimbang, harmonis, dan menarik. Beberapa prinsip yang relevan dalam gambar pemandangan adalah: 
  • Kesatuan: Kesatuan memastikan bahwa semua elemen dalam gambar bekerja bersama sebagai satu kesatuan yang utuh.
  • Keseimbangan: Keseimbangan memastikan bahwa gambar tidak berat sebelah dan terlihat stabil.
  • Proporsi: Proporsi memastikan bahwa ukuran relatif dari objek dalam gambar sesuai.
Dengan memahami unsur dan prinsip seni rupa, serta berlatih secara teratur, seseorang dapat mengembangkan kemampuan untuk menciptakan gambar pemandangan yang indah dan ekspresif. 
Contoh gambar seni rupa



Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini pada mata pelajaran IPAS sebagian murid mampu menyebutkan dan menjelaskan struktur pancaindra telinga (telinga luar, telinga tengah dan telinga luar) murid juga mampu mempresentasikan kedepan kelas menyampaikan apa yang telah dipelajari. Namun masih ada beberapa murid yang belum mampu memahami  bagian - bagian atau struktur telinga dan masih ada beberapa murid yang belum percaya diri dalam mempresentasikan materi hari ini didepan kelas. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta siswa diberi latihan kembali.
Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 16 Agustus 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Jumat, 16 Agustus 2025 Mata Pelajaran : PAK dan P Pancasila Alat Peraga : Lembar soal...