KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Senin, 28 Juli 2025
Mata Pelajaran : Matematika & B Indonesia
Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, diskusi, Penugasan
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang sejarah pancasila, Nah hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita yaitu mata pelajaran Matematika mengenai nilai tempat pada bilangan dan mempelajari tentang kalimat transitif dan intransitif. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
MATEMATIKA
Capaian Pembelajaran (CP)
Murid menunjukan menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan pecahan sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi bilangan tersebut.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Murid mengetahui cara menyatakan bilangan nilai 10.000 berdasarkan komposisi bilangan.
Tujuan Pembelajaran (TP)
Murid mampu membaca, menuliskan, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
Materi Matematika
Nilai Tempat
- Satuan: Angka paling kanan, bernilai 1 sampai 9.
- Puluhan: Angka kedua dari kanan, bernilai 10 sampai 99.
- Ratusan: Angka ketiga dari kanan, bernilai 100 sampai 999.
- Ribuan: Angka keempat dari kanan, bernilai 1.000 sampai 9.999.
- Puluh Ribuan: Angka kelima dari kanan, bernilai 10.000 dan seterusnya, namun dalam konteks ini hanya sampai 10.000.
- Bilangan 1.234 dibaca "seribu dua ratus tiga puluh empat".
- Bilangan 5.678 dibaca "lima ribu enam ratus tujuh puluh delapan".
- Untuk menulis "tiga ribu lima ratus dua puluh satu", tulis angka 3 pada tempat ribuan, angka 5 pada tempat ratusan, angka 2 pada tempat puluhan, dan angka 1 pada tempat satuan.
- Jadi, bilangan tersebut adalah 3.521.
- Buatlah tabel nilai tempat dan berlatih menempatkan angka-angka ke dalam kolom yang sesuai.
- Latihan membaca dan menulis berbagai bilangan cacah hingga 10.000.
- Gunakan kartu bilangan untuk membantu memahami konsep nilai tempat dan mempermudah latihan.
A. tujuh ribu dua puluh lima ratus
B. tujuh puluh dua ribu lima ratus
C. tujuh ribu dua ratus lima puluh
D. tujuh puluh dua ratus lima puluh
A. empat ribu dua ratus tiga puluh enam
B. empat ribu dua puluh tiga enam
C. empat ribu dua ratus tiga enam
D. empat ribu dua puluh tiga ratus enam
Ketinggian Gunung Batur dapat ditulis . . . meter
B. 1.771
C. 7.171
D. 1.717
A. 2.643
B. 2.634
C. 2.364
D. 2.346
Angka 1 pada bilangan di atas menempati nilai tempat...
A. satuan
B. ratusan
C. ribuan
D. puluhan
- Pengertian: Kalimat transitif adalah kalimat yang predikatnya (kata kerjanya) membutuhkan objek untuk melengkapi makna. Objek ini menerima tindakan dari subjek.
- Contoh:
- "Ibu memasak nasi di dapur." (Objek: nasi)
- "Kakak membaca buku di kamar." (Objek: buku)
- "Ayah meminum kopi hangat." (Objek: kopi)
- Struktur: Subjek + Predikat (kata kerja transitif) + Objek
- Pengertian: Kalimat intransitif adalah kalimat yang predikatnya (kata kerjanya) tidak memerlukan objek. Kalimat intransitif sudah memiliki makna yang jelas tanpa adanya objek.
- Contoh:
- "Adik tidur dengan nyenyak."
- "Burung terbang di langit."
- "Bunga mekar indah."
- Struktur: Subjek + Predikat (kata kerja intransitif)
Contoh kalimat transitif
Dikutip dari berbagai sumber, beberapa contoh kalimat transitif misalnya:
- Sekar memeluk ibu --> (objeknya adalah 'ibu')
- Karina mengayuh sepeda di taman --> (objeknya adalah 'sepeda')
- Bapak membelikan adik boneka gajah --> (objeknya adalah 'adik')
- Wasit memberikan pemain kartu kuning saat pertandingan --> (objeknya adalah 'pemain')
- Rudi menitipkan tasnya kepada Lusi --> (objeknya adalah 'tasnya')
- Kakak menerima surat dari temannya --> (objeknya adalah 'surat')
- Ibu Asih menjual beras di warungnya --> (objeknya adalah 'beras')
- Kucing menangkap burung merpati di taman --> (objeknya adalah 'burung merpati')
- Iwan memukul Andi di lapangan bola --> (objeknya adalah 'Andi')
- Kiki mengambil segelas air di dapur --> (objeknya adalah 'segelas air')
Contoh kalimat intransitif
Seperti disebutkan sebelumnya, kalimat intransitif tidak memiliki unsur objek di dalamnya. Sebab meski tidak memiliki objek, kalimat tersebut sudah memiliki arti yang jelas. Berikut beberapa contoh kalimatnya:
- Ridwan makan --> (subjek + predikat)
- Shifa tidur di kamar --> (subjek + predikat + keterangan)
- Putra bermain kelereng --> (subjek + predikat + pelengkap)
- Nadin bingung --> (subjek + predikat)
- Fitri bernyanyi --> (subjek + predikat)
- Kakiku terjepit --> (subjek + predikat)
- Adik berlari kencang --> (subjek + predikat + keterangan)
- Ibu tertidur di ruang tamu --> (subjek + predikat + keterangan)
- Jeni sedang duduk di taman --> (subjek + predikat + keterangan)
- Sasa bercanda dengan temannya --> (subjek + predikat + keterangan.
Kalimat Transitif | Kalimat Intransitif | |
---|---|---|
Objek | Membutuhkan objek | Tidak membutuhkan objek |
Makna | Membutuhkan objek untuk melengkapi makna | Memiliki makna yang jelas tanpa objek |
Contoh | "Kakak memakan roti" | "Adik bermain dengan riang" |
Perubahan | Dapat diubah menjadi kalimat pasif | Tidak dapat diubah menjadi kalimat pasif |
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini murid sudah mampu memahami membaca dan menentukan nilai tempat pada bilangan cacah dengan tepat. Serta murid dapat menentukan mana kalimat transitif dan intransitif pada kalimat yang sudah guru berikan. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu memahami cara menentukan nilai tempat pada bilangan cacah untuk mengatasi hal tersebut guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta siswa diberi latihan kembali.
Dokumentasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar