Rabu, 24 September 2025

Kamis, 25 September 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Kamis, 25 September 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS

Alat Peraga : Lembar sumatif

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranbhari pada hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi unsur - unsur Seni Rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang) dalam sebuah karya seni rupa menggunakan Kosa kata yg sesuai.

📌 Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba. Contohnya seperti lukisan, patung, gambar, kerajinan, dan karya lainnya.


🎨 Unsur-Unsur Seni Rupa

Seni rupa dibentuk oleh beberapa unsur. Unsur adalah bagian penting yang membuat karya seni menjadi indah. Berikut adalah unsur-unsur seni rupa:


1. Garis

  • Garis adalah goresan atau batas dari suatu bentuk.

  • Garis bisa lurus, melengkung, zig-zag, atau bergelombang.

  • Garis digunakan untuk membuat gambar atau membentuk objek.

📌 Contoh: Garis lurus digunakan untuk menggambar rumah. Garis melengkung bisa digunakan untuk menggambar awan atau wajah tersenyum.


2. Bentuk

  • Bentuk adalah wujud dari suatu benda.

  • Bentuk bisa dua dimensi (2D) seperti gambar di atas kertas (panjang dan lebar), atau tiga dimensi (3D) seperti patung (panjang, lebar, dan tinggi).

  • Ada bentuk geometris (seperti segitiga, persegi) dan organik (bentuk bebas seperti daun, awan, atau batu).

📌 Contoh: Lingkaran, persegi, segitiga, bentuk daun, dan bentuk binatang.


3. Warna

  • Warna membuat karya seni lebih hidup dan menarik.

  • Ada warna primer (merah, kuning, biru), warna sekunder (hasil campuran dua warna primer), dan warna netral (hitam, putih, abu-abu).

📌 Contoh: Merah bisa digunakan untuk menggambar apel, biru untuk laut, hijau untuk daun.


4. Tekstur

  • Tekstur adalah kesan permukaan dari suatu benda, apakah halus, kasar, licin, atau bergelombang.

  • Tekstur bisa nyata (bisa diraba) atau semu (hanya terlihat di gambar, tapi tidak bisa diraba).

📌 Contoh: Daun asli terasa kasar (tekstur nyata), tapi daun di gambar hanya terlihat seperti kasar (tekstur semu).


5. Ruang

  • Ruang adalah kesan luas atau dalam dalam suatu karya seni.

  • Dalam gambar 2 dimensi, ruang bisa dibuat dengan teknik bayangan, ukuran, atau letak.

  • Dalam karya 3 dimensi, ruang bisa benar-benar ada, seperti ruang kosong di dalam vas bunga atau patung.

📌 Contoh: Dalam gambar pemandangan, gunung yang jauh digambar lebih kecil, sedangkan pohon di depan digambar lebih besar agar terlihat dekat.


🎨 Kesimpulan

Unsur-unsur seni rupa sangat penting untuk membuat karya menjadi menarik.
Dengan mengenali unsur garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang, kita bisa lebih memahami dan membuat karya seni rupa dengan lebih baik.


📚 Tugas Ringan

  1. Sebutkan 3 contoh benda yang memiliki tekstur kasar.

  2. Buatlah gambar sederhana yang memiliki garis lurus dan garis lengkung.

  3. Warnailah gambar menggunakan warna primer dan sekunder.


IPAS

Tujuan Pembelajaran
Murid mampu memberikan contoh tindakan ramah lingkungan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

📘 Soal Pilihan Ganda

1. Di bawah ini yang merupakan contoh tindakan ramah lingkungan adalah...
A. Membuang sampah ke sungai
B. Menanam pohon di pekarangan rumah
C. Membakar sampah plastik
D. Menebang pohon sembarangan


2. Kegiatan yang dapat menghemat energi listrik adalah...
A. Menyalakan televisi saat tidur
B. Menghidupkan semua lampu di siang hari
C. Mematikan lampu jika tidak digunakan
D. Menyalakan kipas angin terus-menerus


3. Tindakan yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan di sekolah adalah...
A. Membiarkan sampah berserakan
B. Membuang sampah pada tempatnya
C. Coret-coret tembok kelas
D. Mencoret-coret pohon


4. Contoh tindakan hemat air adalah...
A. Membuka keran terus saat mencuci tangan
B. Menggunakan air bekas cucian untuk menyiram tanaman
C. Mandi selama satu jam
D. Menyiram halaman dengan air bersih


5. Manfaat membawa botol minum sendiri dari rumah adalah...
A. Bisa membeli minuman di kantin
B. Bisa membuang botol plastik setiap hari
C. Mengurangi sampah plastik
D. Tidak perlu minum air


6. Kegiatan mendaur ulang sampah termasuk tindakan...
A. Tidak ramah lingkungan
B. Membuang waktu
C. Ramah lingkungan
D. Membuat lingkungan kotor


7. Jika melihat teman membuang sampah sembarangan, tindakan yang sebaiknya kita lakukan adalah...
A. Membiarkannya
B. Menertawakannya
C. Mencontohnya
D. Menegurnya dengan sopan


8. Menanam tanaman di halaman rumah bermanfaat untuk...
A. Membuat rumah jadi panas
B. Mengurangi polusi udara
C. Meningkatkan penggunaan listrik
D. Membuat air keruh


9. Salah satu cara sederhana menjaga kebersihan lingkungan di rumah adalah...
A. Menyimpan sampah di kamar
B. Membuang sampah di got
C. Membersihkan halaman rumah secara rutin
D. Membiarkan sampah menumpuk

10. Di bawah ini yang merupakan contoh tindakan ramah lingkungan adalah...
A. Menyalakan lampu sepanjang hari
B. Membuang sampah ke sungai
C. Menanam pohon di halaman rumah
D. Menebang pohon sembarangan

11. Salah satu cara menghemat energi listrik di rumah adalah...
A. Menyalakan semua lampu di siang hari
B. Menutup jendela rapat-rapat saat siang
C. Mematikan lampu saat tidak digunakan
D. Menyalakan televisi sepanjang malam

12. Kebiasaan membawa kantong belanja sendiri saat ke pasar termasuk tindakan...
A. Memboroskan plastik
B. Tidak peduli lingkungan
C. Ramah lingkungan
D. Membuang-buang waktu

13. Limbah plastik yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan...
A. Tanaman tumbuh subur
B. Air menjadi jernih
C. Pencemaran lingkungan
D. Udara menjadi segar

📓 C. Soal Uraian Singkat

Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!

1. Sebutkan 3 contoh tindakan ramah lingkungan yang bisa kamu lakukan di sekolah!

2. Jelaskan mengapa kita perlu melakukan tindakan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari!

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini  sebagian murid mampu memahami unsur-unsut rupa dan dapat menyebutkan contohnya. Namun masih ada murid yang belum memahami apa itu unsur-unsur rupa serta belum dapat menyebutkan contohnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberikan contoh kongkret. Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 08 Oktober 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu, 08 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Seni Rupa dan IPAS Alat Perag...