KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Selasa, 30 September 2025
Mata Pelajaran : Matematika dan Pendidikan Pancasila
Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT
Metode Pembelajaran : Penugasan, diskusi
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik. Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
PENDIDIKAN PANCASILA
Tujuan Pembelajaran
Murid dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya.
Materi :
📚 Materi: Dampak Pelanggaran Norma
Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila
Topik: Dampak Pelanggaran Norma
🧠 Apa Itu Norma?
Norma adalah aturan atau tata tertib yang berlaku di masyarakat. Norma dibuat agar kehidupan bersama menjadi tertib, aman, dan damai.
Contoh norma:
-
Norma agama (berdoa sebelum makan)
-
Norma kesopanan (mengucapkan salam)
-
Norma hukum (tidak mencuri)
-
Norma sosial (membuang sampah pada tempatnya)
⚠️ Contoh Pelanggaran Norma
-
Tidak membuang sampah pada tempatnya
-
Berbohong kepada guru atau orang tua
-
Tidak menghormati orang yang lebih tua
-
Menyontek saat ulangan
-
Mencoret-coret tembok sekolah
-
Melanggar aturan lalu lintas
❗ Dampak Pelanggaran Norma
Jika seseorang melanggar norma, maka akan ada dampak atau akibatnya, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.
1. Dampak bagi Diri Sendiri
-
Mendapat teguran atau hukuman
-
Tidak dipercaya orang lain
-
Dijauhi oleh teman
-
Merasa tidak nyaman dan bersalah
2. Dampak bagi Orang Lain
-
Orang lain bisa ikut rugi atau susah
-
Menimbulkan pertengkaran atau perpecahan
-
Lingkungan menjadi tidak aman atau tidak nyaman
3. Dampak bagi Lingkungan dan Masyarakat
-
Lingkungan menjadi kotor dan rusak
-
Tatanan masyarakat menjadi kacau
-
Banyak orang menjadi saling curiga
🧠 A. Pengertian Norma dan Aturan
Norma adalah aturan atau pedoman yang mengatur perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari agar hidup tertib dan damai.
Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk ditaati oleh semua orang dalam suatu lingkungan tertentu.
🔍 Perbedaan:
Norma lebih bersifat sosial dan etika.
Aturan biasanya tertulis dan memiliki sanksi yang jelas jika dilanggar.
🏠 B. Contoh Norma dan Aturan di Lingkungan Sekitar
1. Lingkungan Rumah
Norma / Aturan | Jenis Norma/Aturan |
---|---|
Menghormati orang tua | Norma Kesopanan |
Tidak membantah saat dinasihati | Norma Kesusilaan |
Membersihkan kamar sendiri | Aturan keluarga |
2. Lingkungan Sekolah
Norma / Aturan | Jenis Norma/Aturan |
---|---|
Memakai seragam rapi dan lengkap | Aturan Sekolah |
Tidak menyontek saat ujian | Norma Kejujuran |
Menghormati guru dan teman | Norma Kesopanan |
Masuk tepat waktu | Aturan Disiplin |
3. Lingkungan Masyarakat
Norma / Aturan | Jenis Norma/Aturan |
---|---|
Tidak membuang sampah sembarangan | Norma Kebersihan |
Mengikuti kegiatan kerja bakti | Norma Sosial |
Tidak membuat keributan di malam hari | Aturan Ketertiban |
📊 C. Mengklasifikasikan Norma dan Aturan
Untuk mengklasifikasikan, murid dapat menjawab:
Di mana aturan itu berlaku? (Rumah / Sekolah / Masyarakat)
Apakah aturan itu termasuk norma kesopanan, kesusilaan, keagamaan, hukum, atau aturan tertulis?
Apa tujuan dari aturan itu?
🧩 D. Aktivitas Murid
✏️ Tugas Individu
Lengkapi tabel berikut dengan contoh dari lingkungan sekitar murid:
No | Contoh Perilaku / Aturan | Tempat Berlaku | Jenis Norma/Aturan |
---|---|---|---|
1 | |||
2 |
👥 Diskusi Kelompok
Diskusikan dan tulis 3 aturan yang harus dipatuhi saat:
Bermain di lingkungan rumah
Belajar di sekolah
Berada di jalan raya
🧠 E. Refleksi
Apa manfaat mematuhi norma dan aturan?
Apa akibat jika melanggar aturan?
📌 Penilaian
Pengetahuan: Menjawab pertanyaan tentang jenis norma.
Keterampilan: Mengklasifikasikan norma dalam tabel.
Sikap: Aktif berdiskusi dan menghormati pendapat teman.
MAPEL MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:
Memahami konsep pecahan senilai.
Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dengan pecahan tertentu.
Membuat pecahan senilai dengan menggunakan gambar dan bilangan.
Menyelesaikan soal-soal tentang pecahan senilai.
MATERI AJAR MATEMATIKA: PECAHAN SENILAI
KONSEP DASAR: APA ITU PECAHAN SENILAI?
Pecahan Senilai adalah dua atau lebih pecahan yang memiliki nilai yang sama, meskipun pembilang dan penyebutnya berbeda.
📌 Contoh:
👉 Semua pecahan di atas bernilai setengah. Jadi, mereka adalah pecahan senilai.
🔍 CARA MENENTUKAN PECAHAN SENILAI
✅ 1. Dengan Mengalikan Pembilang dan Penyebut
Contoh:
Jadi, pecahan senilai dari adalah:
dan seterusnya.
✅ 2. Dengan Membagi Pembilang dan Penyebut
Contoh:
Jadi, dan adalah pecahan senilai.
✅ 3. Dengan Menggambar / Visualisasi
Gunakan gambar persegi panjang atau lingkaran, lalu bagi menjadi beberapa bagian dan arsirlah sesuai pecahan.
Contoh:
Gambar satu persegi panjang dibagi 2 bagian, arsir 1 bagian =
Gambar lain dibagi 4 bagian, arsir 2 bagian =
👉 Keduanya menunjukkan bagian yang sama → Pecahan senilai.
KESIMPULAN DAN REFLEKSI
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini sebagian murid mampu memahami mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya. dan dapat menyebutkan contohnya. Namun masih ada murid yang belum memahami mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya. serta belum dapat menyebutkan contohnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberikan contoh kongkret. Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar