Senin, 22 September 2025

Selasa, 23 September 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Selasa, 23 September 2025

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Matematika

Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan, diskusi

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang oprasi hitung campuran yaitu penjumlahan dan pengurangan, Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

PENDIDIKAN PANCASILA

Tujuan Pembelajaran

Murid dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya.

Materi :

🧠 A. Pengertian Norma dan Aturan

  • Norma adalah aturan atau pedoman yang mengatur perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari agar hidup tertib dan damai.

  • Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk ditaati oleh semua orang dalam suatu lingkungan tertentu.

🔍 Perbedaan:

  • Norma lebih bersifat sosial dan etika.

  • Aturan biasanya tertulis dan memiliki sanksi yang jelas jika dilanggar.


🏠 B. Contoh Norma dan Aturan di Lingkungan Sekitar

1. Lingkungan Rumah

Norma / AturanJenis Norma/Aturan
Menghormati orang tuaNorma Kesopanan
Tidak membantah saat dinasihatiNorma Kesusilaan
Membersihkan kamar sendiriAturan keluarga

2. Lingkungan Sekolah

Norma / AturanJenis Norma/Aturan
Memakai seragam rapi dan lengkapAturan Sekolah
Tidak menyontek saat ujianNorma Kejujuran
Menghormati guru dan temanNorma Kesopanan
Masuk tepat waktuAturan Disiplin

3. Lingkungan Masyarakat

Norma / AturanJenis Norma/Aturan
Tidak membuang sampah sembaranganNorma Kebersihan
Mengikuti kegiatan kerja baktiNorma Sosial
Tidak membuat keributan di malam hariAturan Ketertiban

📊 C. Mengklasifikasikan Norma dan Aturan

Untuk mengklasifikasikan, murid dapat menjawab:

  1. Di mana aturan itu berlaku? (Rumah / Sekolah / Masyarakat)

  2. Apakah aturan itu termasuk norma kesopanan, kesusilaan, keagamaan, hukum, atau aturan tertulis?

  3. Apa tujuan dari aturan itu?


🧩 D. Aktivitas Murid

✏️ Tugas Individu

Lengkapi tabel berikut dengan contoh dari lingkungan sekitar murid:

NoContoh Perilaku / AturanTempat BerlakuJenis Norma/Aturan
1
2

👥 Diskusi Kelompok

Diskusikan dan tulis 3 aturan yang harus dipatuhi saat:

  • Bermain di lingkungan rumah

  • Belajar di sekolah

  • Berada di jalan raya


🧠 E. Refleksi

  • Apa manfaat mematuhi norma dan aturan?

  • Apa akibat jika melanggar aturan?


📌 Penilaian

  • Pengetahuan: Menjawab pertanyaan tentang jenis norma.

  • Keterampilan: Mengklasifikasikan norma dalam tabel.

  • Sikap: Aktif berdiskusi dan menghormati pendapat teman.

MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.

MATERI AJAR MATEMATIKA

Operasi bilangan Perkalian dan pembagian

A. PERKALIAN

1. Pengertian Perkalian

Perkalian adalah penjumlahan berulang dari suatu bilangan.
Contoh:
3 × 4 artinya adalah 4 + 4 + 4 = 12


2. Contoh Perkalian Sederhana

Soal                             Penjumlahan Berulang                                                      Hasil
2 × 5                                5 + 5                                                                                    10
4 × 3                                3 + 3 + 3 + 3                                                                        12
6 × 2                                2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2                                                            12

3. Perkalian dengan Bilangan Besar

Contoh:

     123

   ×   4

  ------

     492

Langkah:

  1. 4 × 3 = 12 (tulis 2, simpan 1)

  2. 4 × 2 = 8 + 1 = 9

  3. 4 × 1 = 4 → hasil: 492

B. PEMBAGIAN

1. Pengertian Pembagian

Pembagian adalah kebalikan dari perkalian, yaitu membagi sesuatu menjadi beberapa bagian yang sama.

Contoh:
12 ÷ 4 artinya adalah berapa kali 4 masuk ke dalam 12? Jawabannya adalah 3


2. Jenis-jenis Pembagian

  • Pembagian sebagai pengurangan berulang
    Contoh: 15 ÷ 3 → Kurangi 15 sebanyak mungkin dengan 3 → 15 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 = 0 → 5 kali

  • Pembagian pendek (langsung)
    Contoh: 56 ÷ 7 = 8

  • Pembagian panjang (bilangan besar)
    Contoh:

  •     123 ÷ 3

         -------

         41 sisa 0

  • Langkah:

    • 3 masuk ke 12 → 4 kali → 3 × 4 = 12

    • 3 masuk ke 3 → 1 kali → 3 × 1 = 3
      → Hasil = 41

    3. Hubungan Perkalian dan Pembagian

    Jika:

    • 6 × 4 = 24
      Maka:

    • 24 ÷ 6 = 4

    • 24 ÷ 4 = 6

    Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini  sebagian murid mampu melakukan oprasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Namun masih ada murid yg belum mampu cara melakukan penjumlahan dan pengurangan (operasi hitung campuran) . Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberi latihan kembali. Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 08 Oktober 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu, 08 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Seni Rupa dan IPAS Alat Perag...