KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Senin, 15 September 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika.
Alat Peraga : Lembar Soal Sumatif Harian
Metode Pembelajaran : Penugasan
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami sikap disiplin dalam penerapan sehari - hari. Mari kita lanjutkan dengan kegiatan sumatif harian ke 2 pada hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
Latihan Soal Bahasa Indonesia
1. Kata “mendaki” pada kalimat “Mereka mendaki gunung dengan semangat,” berarti...
a. turun
b. naik
c. berlari
d. berjalan
2. Kalimat: “Pak Dedi sangat telaten merawat tanaman di kebunnya.” Kata telaten artinya...
a. ceroboh
b. sabar dan hati-hati
c. malas
d. cepat
3. Dalam kalimat: “Orang yang mengalami fobia biasanya merasa cemas,” kata cemas berarti...
a. senang
b. khawatir atau gelisah
c. marah
d. tenang
4. Kalimat: “Rasa takut yang sangat kuat itu membuat seseorang tidak bisa tenang.” Kata tenang berarti...
a. gelisah
b. khawatir
c. damai dan tidak takut
d. marah
5. Kata bisa memiliki dua arti yang berbeda, yaitu bisa sebagai racun dan bisa sebagai mampu. Kalimat mana yang menggunakan kata bisa dengan arti racun?
a. Ular itu memiliki bisa yang sangat berbahaya.
b. Saya bisa menyelesaikan tugas ini.
c. Dia bisa bermain piano dengan baik.
d. Kami bisa pergi ke taman besok.
6. Kalimat mana yang menggunakan kata pisang dengan arti jamak?
a. Saya makan pisang setiap pagi.
b. Pisang-pisang di kebun sudah matang semua.
c. Dia membeli pisang di pasar.
d. Pisang itu rasanya manis.
7. Kalimat mana yang menggunakan kata batang sebagai homonim yang berarti bagian dari tanaman?
a. Saya memegang batang kayu itu.
b. Batang tubuh manusia terdiri dari kepala dan anggota tubuh.
c. Dia menemukan batang besi di sungai.
d. Batang pohon itu sangat besar.
8. Jika dalam teks ada kata “berkeliling”, artinya...
a. berjalan di satu tempat saja
b. mengitari atau berjalan di sekitar tempat
c. diam di tempat
d. berlari cepat
BACALAH TEKS CERITA DIBAWAH INI!
Awas
Rudi berangkat lebih pagi. Kelompoknya piket hari ini. Mereka sudah berbagi tugas. Tugas Rudi menyapu kelas.
Aduh, lampu lalu lintas sudah berganti kuning. Rudi tahu dia harus bersiap-siap untuk berhenti.
Rudi tidak sabar menunggu lampu lalu lintas di depannya berganti hijau. Rasanya sungguh lama.
Sudah tidak ada kendaraan lagi dari sebelah kanan dan kiri.
Jalan di depannya kosong. Ah, aman, pikir Rudi. Dia mengayuh pedal dan bersiap untuk melaju sekencang-kencangnya.
Tiba-tiba … Teeeeeeet! Bunyi klakson memekakkan telinga. Sebuah sepeda motor tiba-tiba melaju mendekatinya.
Rudi sangat terkejut, tetapi dia sigap mengerem. Pengendara sepeda motor juga mengerem, tetapi dia terjatuh.
Untunglah, pengendara sepeda motor itu tidak terluka. Sepeda motornya juga tidak rusak.
“Kamu tidak apa-apa?” seorang ibu bertanya kepada Rudi.
“Kenapa kamu sudah maju? Di sebelah sana lampu lalu lintas masih hijau, berarti di sini masih merah!” kata pengendarasepeda motor dengan kesal. “Itu berbahaya!”
Rudi hanya bisa berkata, “Maaf, Bang.” Dia masih terkejut dan sekarang mulai merasa takut.
“Sudah, sabar. Yang penting tidak ada yang terluka,” kata ibu itu menengahi. “Kalian tidak pakai helm, itu juga berbahaya!”
“Hati-hati, ya, Nak,”pesan ibu itu.
9. Dia mengayuh pedal dan bersiap untuk melaju sekencang-kencangnya. Mengayuh artinya...
a. menarik
b. berlari
c. memutar
d. menggoes
10. Tiba-tiba … Teeeeeeet! Bunyi________memekakkan telinga. Sebuah sepeda motor tiba-tiba melaju mendekatinya. kata yang tepat untuk melengkapai kalimat di atas yaitu....
a. ambulans
b. sirine
c. bel
d. klakson
11. Buatlah kalimat dengan kata berat yang memiliki arti berbeda, lalu jelaskan perbedaannya!
12. Kata bisa dalam kalimat “Ia bisa menyanyi dengan indah” memiliki arti berbeda dengan kata bisa dalam kalimat “Ular memiliki bisa yang mematikan.”
Jelaskan arti kata
bisa pada kalimat kedua!
13. a. Kata dasar lari jika diberi imbuhan ber- menjadi....
b. Kata dasar baca jika diberi imbuhan me- menjadii...
14. Jika kamu tidak setuju saat guru memilih ketua kelas, bagaimana kamu akan menyampaikan pendapatmu?
15. lengkapi kalimat dibawah ini menggunakan kata penghubung (lalu, kemudian atau akhirnya)
"Kami pergi ke kebun binatang. ________,
kami melihat gajah.
"Setelah melihat gajah, kami naik
kereta.________, kami membeli es krim.
"Kami pulang sore hari. __________,
saya merasa sangat lelah tapi senang."
MAPEL MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.
MATERI AJAR MATEMATIKA: PENGURANGAN TANPA MEMINJAM
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
Memahami cara menghitung pengurangan bilangan bulat tanpa meminjam
Apa Itu Pengurangan Tanpa Meminjam?
Pengurangan tanpa teknik meminjam adalah proses mengurangi bilangan dari satuan, puluhan, ratusan, dst., tanpa perlu meminjam angka dari nilai tempat yang lebih tinggi.
Bisa dilakukan jika angka pengurang lebih kecil atau sama dengan angka yang dikurangi di setiap kolom.
Contoh Pengurangan Tanpa Meminjam
Contoh 1:
742 - 321 = ?Langkah-langkah:
742
- 321
_____
Satuan: 2 - 1 = 1
Puluhan: 4 - 2 = 2
Ratusan: 7 - 3 = 4
Hasil = 421 ✅
Contoh 2:
865 - 432 = ?Langkah-langkah:
865
- 432
_____
Satuan: 5 - 2 = 3
Puluhan: 6 - 3 = 3
Ratusan: 8 - 4 = 4
Hasil = 433 ✅
Kapan Tidak Bisa Digunakan?
Teknik ini tidak bisa digunakan jika ada angka pengurang lebih besar dari angka yang dikurangi.
Contoh: 624
- 437
Karena 4 < 7 di satuan, maka harus meminjam → ini bukan pengurangan tanpa meminjam.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
Refleksi dan kesimpulan
Alhamdulillah kegiatan sumatif pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia berjalan dengan lancar. Sebagian besar siswa mampu menyelesaikan sumatif dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar