Sabtu, 27 September 2025

Senin, 29 September 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Senin, 29 September 2025

Mata Pelajaran : Matematika dan Bahasa Indonesia

Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan, diskusi

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi nilai anti korupsi tentang sikap sederhana serta meneybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran :

Melalui kegiatan presentasi, murid dapat mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik.

Materi :

Tema: Kegiatan Presentasi dan Mencari Informasi Pendukung


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Mencari informasi dari berbagai sumber seperti buku, internet, majalah, atau wawancara.

  2. Mengumpulkan informasi pendukung yang relevan dengan topik presentasi.

  3. Menyusun informasi tersebut secara tertulis dan lisan.

  4. Mempresentasikan hasil pencarian informasi dengan jelas dan percaya diri di depan kelas.


B. Pengertian Presentasi

Presentasi adalah kegiatan menyampaikan informasi atau hasil kerja kepada orang lain secara lisan, biasanya di depan kelas atau kelompok. Presentasi bertujuan agar orang lain mengerti dan paham dengan apa yang kita sampaikan.


C. Langkah-langkah Mencari Informasi Pendukung

  1. Tentukan topik presentasi yang ingin dibahas.

  2. Cari informasi dari berbagai sumber:

    • Buku pelajaran atau buku lainnya

    • Internet (dengan pengawasan guru/orang tua)

    • Majalah, koran, atau ensiklopedia

    • Wawancara dengan orang yang tahu tentang topik tersebut

  3. Catat informasi penting yang ditemukan.

  4. Pilih informasi yang paling penting dan sesuai dengan topik.


D. Cara Mempresentasikan Informasi dengan Baik

  1. Persiapkan bahan presentasi (misalnya catatan kecil atau gambar pendukung).

  2. Berlatih berbicara dengan jelas dan lantang.

  3. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh teman-teman.

  4. Jaga kontak mata dengan audiens.

  5. Gunakan gerakan tangan untuk membantu menjelaskan.

  6. Jawab pertanyaan dengan sopan jika ada yang bertanya.


E. Contoh Kegiatan Presentasi

Misalnya, kamu ingin mempresentasikan tentang "Manfaat Tanaman Mangga."

  • Cari informasi dari buku atau internet tentang tanaman mangga.

  • Catat manfaat tanaman mangga untuk kesehatan.

  • Buat poin-poin penting yang akan kamu sampaikan.

  • Latihan presentasi di depan teman atau keluarga.

  • Presentasikan dengan percaya diri di depan kelas.


F. Latihan

  1. Pilih satu topik yang kamu sukai (misalnya hewan, tumbuhan, olahraga).

  2. Cari informasi tentang topik tersebut dari minimal dua sumber berbeda.

  3. Tulis poin-poin penting yang kamu dapatkan.

  4. Berlatihlah mempresentasikan informasi tersebut di depan temanmu.

MATEMATIKAN

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar pecahan dengan pembilang satu dan antar pecahan dengan penyebut yang sama.

Peserta didik mampu mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

MATERI 

📘 Materi Matematika Kelas 4 SD

Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan

Materi ini terbagi menjadi dua bagian utama:

  1. Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan dengan Pembilang 1

  2. Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan dengan Penyebut Sama


1. ✅ Pecahan dengan Pembilang 1

Contoh pecahan:

  • ½, ⅓, ¼, ⅕, ⅙, ⅛

🧠 Ingat!
Jika pembilang sama (yaitu 1), maka pecahan dengan penyebut yang lebih kecil adalah pecahan yang lebih besar.

✨ Contoh:

Bandingkan:

  • ½ dan ⅓
    Karena 2 lebih kecil dari 3 → maka ½ > ⅓

📌 Urutan dari yang terbesar ke terkecil:

½, ⅓, ¼, ⅕, ⅙, ⅛

🔍 Tips: Bayangkan satu kue dibagi menjadi 2 bagian, 3 bagian, 4 bagian, dst. Semakin besar penyebut, semakin kecil bagian kuenya.


2. ✅ Pecahan dengan Penyebut Sama

Contoh pecahan:

  • ²⁄₅, ³⁄₅, ⁴⁄₅, ¹⁄₅

🧠 Ingat!
Jika penyebut sama, maka pecahan dengan pembilang yang lebih besar adalah pecahan yang lebih besar.

✨ Contoh:

Bandingkan:

  • ²⁄₇ dan ⁵⁄₇
    Karena 5 > 2 → maka ⁵⁄₇ > ²⁄₇

📌 Urutan dari yang terkecil ke terbesar:

¹⁄₅, ²⁄₅, ³⁄₅, ⁴⁄₅

🔍 Tips: Anggap kamu punya 5 bagian yang sama, pembilang menunjukkan berapa bagian yang kamu miliki.

 

🔎 Apa itu Pecahan Senilai?

Pecahan senilai adalah dua atau lebih pecahan yang nilainya sama, meskipun pembilang dan penyebutnya berbeda.


🎨 Menggunakan Gambar untuk Memahami Pecahan Senilai

Contoh 1:

🟪 Gambar 1: ½

Sebuah persegi dibagi 2 bagian sama besar, 1 bagian diarsir:

[██ ] → ½ (satu dari dua bagian)

🟪 Gambar 2: ²⁄₄

Sebuah persegi dibagi 4 bagian sama besar, 2 bagian diarsir:

[██░░] → ²⁄₄ (dua dari empat bagian)

💡 Kesimpulan:

  • ½ = ²⁄₄
    Karena bagian yang diarsir sama banyak, maka keduanya adalah pecahan senilai.


Contoh 2:

🟦 Gambar 1: ⅓

[█░░] → ⅓

🟦 Gambar 2: ²⁄₆

[██░░░░] → ²⁄₆

💡 Kesimpulan:

  • ⅓ = ²⁄₆
    Bagian yang diarsir sama → pecahan senilai


🧮 Menggunakan Simbol Matematika untuk Menemukan Pecahan Senilai

Cara 1: Mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama

  • ½ = (1×2)/(2×2) = ²⁄₄

  • ⅓ = (1×2)/(3×2) = ²⁄₆

  • ¾ = (3×2)/(4×2) = ⁶⁄₈

📌 Rumus:

Jika

ab=a×nb×n\frac{a}{b} = \frac{a \times n}{b \times n}

maka itu pecahan senilai

Contoh:

23=2×23×2=46\frac{2}{3} = \frac{2 \times 2}{3 \times 2} = \frac{4}{6}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 08 Oktober 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu, 08 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Seni Rupa dan IPAS Alat Perag...