Senin, 01 September 2025

Selasa, 02 September 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Selasa, 02 September 2025

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Matematika

Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi sikap yang sesuai dengan nilai pancasila menybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

PENDIDIKAN PANCASILA

Tujuan Pembelajaran

Murid dapat menyebutkan contoh sikap dan perilaku yang sesuai nilai-nilai pancasila di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

1. Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa 🙏

Sila pertama mengajarkan kita untuk percaya kepada Tuhan. Contoh sikapnya:

  • Berdoa sebelum dan sesudah belajar, makan, atau beraktivitas lainnya.

  • Menghargai teman yang berbeda agama dan tidak mengganggu saat mereka beribadah.

  • Bersyukur atas segala karunia yang diberikan Tuhan, seperti memiliki keluarga, teman, dan kesehatan.


2. Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab 🤝

Sila kedua mengajarkan kita untuk saling menyayangi dan menghormati sesama manusia. Contoh sikapnya:

  • Membantu teman yang kesulitan, misalnya membantu menjelaskan pelajaran yang belum dimengerti.

  • Berbicara dengan sopan dan santun kepada orang tua, guru, dan teman-teman.

  • Tidak mengejek atau membeda-bedakan teman berdasarkan suku, agama, atau warna kulit.


3. Sila Ketiga: Persatuan Indonesia 🇮🇩

Sila ketiga mengajarkan kita untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Contoh sikapnya:

  • Bermain bersama teman-teman tanpa membeda-bedakan.

  • Mengikuti upacara bendera dengan tertib dan khidmat sebagai wujud cinta tanah air.

  • Menghargai dan melestarikan budaya Indonesia, seperti tarian daerah atau lagu-lagu nasional.


4. Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan 🗣️

Sila keempat mengajarkan kita untuk selalu bermusyawarah atau berdiskusi untuk mencapai kesepakatan. Contoh sikapnya:

  • Mengacungkan tangan saat ingin memberikan pendapat di kelas.

  • Menerima hasil keputusan musyawarah dengan lapang dada meskipun pendapat kita tidak terpilih.

  • Tidak memaksakan kehendak atau pendapat pribadi kepada teman.


5. Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia ⚖️

Sila kelima mengajarkan kita untuk bersikap adil terhadap semua orang. Contoh sikapnya:

  • Berbagi makanan atau mainan dengan adil kepada teman-teman.

  • Menjaga fasilitas umum seperti taman atau sekolah agar bisa dinikmati oleh semua orang.

  • Tidak curang saat bermain atau ujian.

Sikap dan Perilaku Sesuai Nilai-nilai Pancasila

1. Pengantar Pancasila

  • Pancasila adalah dasar negara Indonesia.

  • Pancasila memiliki 5 sila yang menjadi pedoman hidup kita sehari-hari.

2. Kelima Sila Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
    Kita harus percaya dan beribadah kepada Tuhan sesuai agama kita.

  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
    Kita harus menghormati hak orang lain dan bersikap baik kepada semua orang.

  3. Persatuan Indonesia
    Kita harus mencintai tanah air dan menjaga persatuan bangsa.

  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
    Kita harus bersikap adil, mendengarkan pendapat orang lain, dan ikut serta dalam musyawarah.

  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
    Kita harus membantu sesama dan berlaku adil dalam kehidupan.

3. Contoh Sikap dan Perilaku Sesuai Nilai-nilai Pancasila

Sila PancasilaContoh Sikap dan Perilaku
Sila 1: Ketuhanan Yang Maha EsaBerdoa sebelum dan sesudah belajar, menghormati teman yang berbeda agama.
Sila 2: Kemanusiaan yang Adil dan BeradabMenolong teman yang kesulitan, tidak membeda-bedakan teman.
Sila 3: Persatuan IndonesiaMenghormati perbedaan suku dan budaya, ikut menjaga kebersihan lingkungan bersama.
Sila 4: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat KebijaksanaanMendengarkan pendapat teman saat diskusi, tidak memaksakan kehendak sendiri.
Sila 5: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat IndonesiaMembagikan mainan atau makanan dengan teman yang kurang, tidak egois


MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran :

Murid dapat menyelesaikan  masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.

Penjumlahan Tanpa Teknik Menyimpan

Apa itu Penjumlahan Tanpa Teknik Menyimpan?

Penjumlahan tanpa teknik menyimpan adalah cara menjumlahkan bilangan di mana hasil dari setiap kolom (satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya) tidak pernah lebih dari 9. Karena hasilnya tidak lebih dari 9, kita tidak perlu "menyimpan" angka ke kolom di sebelahnya.


Cara Melakukan Penjumlahan Tanpa Teknik Menyimpan

Ada dua cara utama yang bisa kita gunakan:

  1. Cara Bersusun Pendek

  2. Cara Bersusun Panjang

1. Cara Bersusun Pendek

Cara ini paling sering digunakan karena lebih cepat. Langkah-langkahnya:

  1. Susun bilangan secara vertikal (ke bawah), pastikan nilai tempatnya sejajar (satuan dengan satuan, puluhan dengan puluhan, dll.).

  2. Mulai menjumlahkan dari kolom paling kanan, yaitu kolom satuan.

  3. Lanjutkan menjumlahkan ke kolom berikutnya di sebelah kiri (puluhan, ratusan, dan seterusnya) sampai semua kolom selesai dijumlahkan.

Contoh Soal: Hitunglah .

Penyelesaian:

  243
  125
  --- +
  368
  • Langkah 1 (Satuan): Jumlahkan angka di kolom satuan: . Tulis angka 8 di bawah kolom satuan.

  • Langkah 2 (Puluhan): Jumlahkan angka di kolom puluhan: . Tulis angka 6 di bawah kolom puluhan.

  • Langkah 3 (Ratusan): Jumlahkan angka di kolom ratusan: . Tulis angka 3 di bawah kolom ratusan.

Jadi, hasil dari adalah 368.


2. Cara Bersusun Panjang

Cara ini membantu kita memahami nilai tempat setiap angka. Langkah-langkahnya:

  1. Uraikan setiap bilangan ke dalam nilai tempatnya (ratusan, puluhan, dan satuan).

  2. Jumlahkan setiap nilai tempat secara terpisah.

  3. Jumlahkan kembali semua hasilnya.

Contoh Soal: Hitunglah .

Penyelesaian:

  • Langkah 1: Uraikan kedua bilangan.

  • Langkah 2: Jumlahkan masing-masing nilai tempat.

    • Satuan:

    • Puluhan:

    • Ratusan:

  • Langkah 3: Gabungkan semua hasil penjumlahan.

Jadi, hasil dari adalah 368.


Penting untuk Diingat!

Penjumlahan tanpa teknik menyimpan adalah dasar sebelum kita belajar tentang penjumlahan dengan teknik menyimpan. Kunci utamanya adalah menjumlahkan angka dari kanan ke kiri dan memastikan setiap kolom hasilnya tidak lebih dari 9. Dengan terus berlatih, kalian pasti bisa!

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini  sebagian murid mampu memahami dan menyelesaikan  masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.
. Namun masih ada murid yg belum mampu memahami bagaimana menyelesaikan masalah yang berkaitan menggunakan ribuan sebagai satuan. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberi latihan kembali.
Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 16 September 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Selasa, 16 September 2025 Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Matematika Alat P...