Selasa, 23 September 2025

Rabu, 24 September 2025

KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Rabu, 24 September 2025

Mata Pelajaran : B Indonesia, Seni Rupa dan Ipas

Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang pengurangan dengan tanpa tekhnik menyimpan. Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

BAHASA INDONESIA

ELEMEN : 

Berbicara dan mempresentasikan

Tujuan Pembelajaran 

Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik

CP

Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal-hal di lingkungan sekitar. 

 MATERI

 *Materi Bahasa Indonesia* Kelas 4

Mengemukakan Pendapat dalam Diskusi Kelompok

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

Mengemukakan pendapat dengan jelas dalam diskusi kelompok.

Menggunakan suara yang cukup keras dan intonasi yang tepat saat berbicara.

Menghargai pendapat teman dalam diskusi.

 *B. Pengertian Diskusi Kelompok* 

Diskusi kelompok adalah kegiatan bertukar pikiran atau membahas suatu topik bersama beberapa orang dalam satu kelompok.

 *Tujuannya adalah:* 

Menyelesaikan masalah bersama.

Mendapatkan ide atau pendapat yang beragam.

Melatih kerja sama dan rasa saling menghargai.


C. Cara Mengemukakan Pendapat yang Baik

Agar pendapat kita mudah dipahami dalam diskusi, perhatikan hal-hal berikut:

1. Berbicara dengan Jelas

Ucapkan kata-kata dengan benar dan tidak terburu-buru.

Gunakan kalimat yang mudah dipahami.

2. Gunakan Suara yang Cukup Keras

Jangan terlalu pelan atau terlalu keras.

Pastikan teman satu kelompok bisa mendengarkan dengan nyaman.


3. Gunakan Intonasi yang Tepat

Naik-turunkan suara sesuai dengan bagian penting dari kalimat.

Jangan berbicara dengan nada datar.

4. Sampaikan Pendapat dengan Sopan

Gunakan kata-kata seperti:

“Menurut saya...”

“Saya berpendapat bahwa...”

“Kalau saya boleh menyarankan...”

5. Hargai Pendapat Orang Lain

Jangan memotong pembicaraan teman.

Dengarkan dengan baik.

Tidak mengejek pendapat orang lain, walaupun berbeda.


D. Contoh Situasi Diskusi

Topik: "Apakah kantin sekolah sebaiknya menjual jajanan sehat saja?"

Contoh siswa menyampaikan pendapat:

“Menurut saya, kantin sekolah sebaiknya hanya menjual jajanan sehat, karena bisa menjaga kesehatan kita. Makanan tidak sehat bisa membuat sakit.”

 *Perhatikan:* 

- Kalimat jelas.

- Suara terdengar oleh semua teman.

- Intonasi tegas dan tidak monoton.

- Pendapat disampaikan dengan sopan.

 *E. Latihan* 

Tugas Kelompok:

Bentuk kelompok kecil (4–5 orang). Diskusikan topik berikut:

“Apakah kita perlu membawa bekal dari rumah setiap hari?”

Setiap siswa harus menyampaikan pendapatnya.

 *Penilaian:* 

1. Apakah pendapat disampaikan dengan jelas?

2. Apakah suara cukup terdengar?

3. Apakah intonasi digunakan dengan baik?

4. Apakah menghargai pendapat teman?

MATA PELAJARAN IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid mampu memberikan contoh tindakan ramah lingkungan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI AJAR

LANGKAH-LANGKAH DALAM MELAKUKAN TINDAKAN RAMAH LINGKUNGAN

Apa Itu Tindakan Ramah Lingkungan?

Tindakan ramah lingkungan adalah segala aktivitas yang dilakukan manusia untuk menjaga alam agar tetap bersih, sehat, dan lestari.

Contoh sederhana:

  • Membuang sampah pada tempatnya

  • Menghemat air dan listrik

  • Menanam pohon


B. Mengapa Kita Harus Melakukan Tindakan Ramah Lingkungan?

Alasan penting:

  1. Menjaga kesehatan manusia dan makhluk hidup lain

  2. Mengurangi pencemaran udara, air, dan tanah

  3. Melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang


C. Langkah-Langkah Melakukan Tindakan Ramah Lingkungan

1. Menyadari Dampak Kegiatan Kita

  • Pahami bahwa kegiatan sehari-hari bisa berdampak pada lingkungan.
    Contoh: Membuang plastik sembarangan mencemari sungai.

2. Mulai dari Diri Sendiri

  • Biasakan hal-hal kecil yang ramah lingkungan.
    Contoh:

    • Membawa botol minum sendiri

    • Memakai tas belanja kain

3. Mengelola Sampah dengan Benar

  • Pisahkan sampah organik dan anorganik

  • Gunakan kembali barang-barang yang masih bisa dipakai

  • Daur ulang bahan seperti botol plastik, kertas bekas

4. Menghemat Energi

  • Matikan lampu saat tidak digunakan

  • Cabut charger setelah selesai

  • Gunakan air secukupnya saat mandi atau mencuci

5. Menanam dan Merawat Tanaman

  • Tanam pohon di pekarangan

  • Rawat tanaman kelas atau sekolah

  • Ikut kegiatan tanam pohon bersama

6. Mengajak Orang Lain

  • Ajak teman, keluarga, dan warga sekitar untuk ikut peduli

  • Buat poster atau kampanye sederhana tentang menjaga lingkungan


D. Contoh Kegiatan Ramah Lingkungan di Sekolah

  • Membuat tempat sampah terpisah

  • Program “Jumat Bersih”

  • Menanam bunga atau sayur di kebun sekolah

  • Tidak mencoret-coret meja dan tembok


E. Penilaian dan Refleksi

Ayo Coba!

  1. Sebutkan 3 tindakan ramah lingkungan yang kamu lakukan di rumah!

  2. Apa manfaat menanam pohon bagi lingkungan?

  3. Buatlah daftar 5 langkah ramah lingkungan yang bisa kamu lakukan minggu ini!

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi unsur - unsur Seni Rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang) dalam sebuah karya seni rupa menggunakan Kosa kata yg sesuai.

MATERI :
🎨 Unsur-Unsur Seni Rupa
1. 🟠 Garis
Garis adalah goresan nyata atau batas dari suatu bentuk.
Contoh jenis garis:
Garis lurus
Garis lengkung
Garis zig-zag
Garis spiral
Kosakata yang sesuai: lurus, melengkung, patah-patah, halus, tebal

2. 🟢 Bentuk
Bentuk adalah wujud dari suatu benda, bisa berupa bidang datar (2D) atau bentuk ruang (3D).

Contoh:
Bentuk geometri: segitiga, lingkaran, persegi
Bentuk organik: bentuk bebas seperti awan, daun, wajah
Kosakata yang sesuai: bulat, persegi, lonjong, besar, kecil

3. 🔵 Warna
Warna memberikan keindahan dan emosi pada karya seni.

Jenis warna:
Warna primer: merah, biru, kuning
Warna sekunder: hijau, oranye, ungu
Warna hangat & warna sejuk
Kosakata yang sesuai: cerah, gelap, hangat, sejuk, mencolok, lembut

4. 🟤 Tekstur
Tekstur adalah kesan permukaan suatu benda, bisa dilihat atau dirasakan.

Contoh:
Tekstur halus: kaca, kain sutra
Tekstur kasar: batu, kayu
Kosakata yang sesuai: halus, kasar, licin, tajam, lembut

5. ⚪ Ruang

Ruang dalam seni rupa bisa berupa:
Ruang nyata: seperti pada patung atau instalasi
Ruang semu: seperti pada lukisan yang tampak memiliki kedalaman
Kosakata yang sesuai: dalam, luas, sempit, jauh, dekat, tinggi

🖼️ Contoh Kegiatan

Mengamati lukisan sederhana (misalnya lukisan alam)
Siswa menyebutkan unsur-unsur yang terlihat:
“Saya melihat garis lengkung pada awan.”
“Gunungnya berbentuk segitiga besar.”
“Warna langit biru cerah.”
“Rumput tampak kasar karena goresan pensil.”
“Pohon tampak berada di kejauhan.”

📌 Penilaian & Refleksi

Siswa menunjukkan gambar dan menyebutkan 3–5 unsur yang ditemukan.
Siswa menggunakan kosakata yang tepat saat menjelaskan.
Guru dapat memberikan pertanyaan seperti:
“Apa jenis garis yang kamu lihat?”
“Apa warna yang paling menarik perhatianmu?”
“Bagaimana tekstur permukaan pada gambar tersebut?”

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini  sebagian murid mampu menyampaikan pendapat dan mempresentasikan dengan intonasi serta bahasa yang santun. Namun masih ada murid yg belum mampu bagai mana cara berpendapat dan mempresentasikan dengan intonasi dan bahasa yang santun. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberi latihan kembali. Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 08 Oktober 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu, 08 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Seni Rupa dan IPAS Alat Perag...