Pages

Pages - Menu

Rabu, 22 Oktober 2025

Kamis, 23 Oktober 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Kamis,  22 Oktober 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS

Alat Peraga : lukisan seni rupa, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranbhari pada hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

Seni Rupa

Tujuan Pembelajaran :

Mengungkapkan pendapat terhadap karya seni rupa milik sendiri dan orang lain secara lisan ataupun tulisan dengan menggunakan istilah  seni rupa yang telah dipelajarai. 

📌 Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba. Contohnya seperti lukisan, patung, gambar, kerajinan, dan karya lainnya.

🎨 Unsur-Unsur Seni Rupa

Seni rupa dibentuk oleh beberapa unsur. Unsur adalah bagian penting yang membuat karya seni menjadi indah. Berikut adalah unsur-unsur seni rupa:


1. Garis

  • Garis adalah goresan atau batas dari suatu bentuk.

  • Garis bisa lurus, melengkung, zig-zag, atau bergelombang.

  • Garis digunakan untuk membuat gambar atau membentuk objek.

📌 Contoh: Garis lurus digunakan untuk menggambar rumah. Garis melengkung bisa digunakan untuk menggambar awan atau wajah tersenyum.


2. Bentuk

  • Bentuk adalah wujud dari suatu benda.

  • Bentuk bisa dua dimensi (2D) seperti gambar di atas kertas (panjang dan lebar), atau tiga dimensi (3D) seperti patung (panjang, lebar, dan tinggi).

  • Ada bentuk geometris (seperti segitiga, persegi) dan organik (bentuk bebas seperti daun, awan, atau batu).

📌 Contoh: Lingkaran, persegi, segitiga, bentuk daun, dan bentuk binatang.

  • dari suatu benda, apakah halus, kasar, licin, atau bergelombang.

  • Tekstur bisa nyata (bisa diraba) atau semu (hanya terlihat di gambar, tapi tidak bisa diraba).

📌 Contoh: Daun asli terasa kasar (tekstur nyata), tapi daun di gambar hanya terlihat seperti kasar (tekstur semu).

3. Warna

  • Warna membuat karya seni lebih hidup dan menarik.

  • Ada warna primer (merah, kuning, biru), warna sekunder (hasil campuran dua warna primer), dan warna netral (hitam, putih, abu-abu).

📌 Contoh: Merah bisa digunakan untuk

menggambar apel, biru untuk laut, hijau untuk daun.


4. Tekstur

  • Tekstur adalah kesan permukaan dari suatu benda, apakah halus, kasar, licin, atau bergelombang.

  • Tekstur bisa nyata (bisa diraba) atau semu (hanya terlihat di gambar, tapi tidak bisa diraba).

📌 Contoh: Daun asli terasa kasar (tekstur nyata), tapi daun di gambar hanya terlihat seperti kasar (tekstur semu).


5. Ruang

  • Ruang adalah kesan luas atau dalam dalam suatu karya seni.

  • Dalam gambar 2 dimensi, ruang bisa dibuat dengan teknik bayangan, ukuran, atau letak.

  • Dalam karya 3 dimensi, ruang bisa benar-benar ada, seperti ruang kosong di dalam vas bunga atau patung.

📌 Contoh: Dalam gambar pemandangan, gunung yang jauh digambar lebih kecil, sedangkan pohon di depan digambar lebih besar agar terlihat dekat.

MAPEL IPAS

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu mengidentifikasi berbagai bentuk energi dan menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI AJAR IPAS; PENGERTIAN ENERGI DAN MACAM-MACAM ENERGI

🔍 Apa Itu Energi?

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.
Energi dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bergerak, memasak, menyalakan lampu, dan lain-lain.

👉 Tanpa energi, manusia, hewan, dan tumbuhan tidak bisa hidup.


2. 🔄 Ciri-Ciri Energi

  • Tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan.

  • Tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, hanya bisa diubah bentuknya.

  • Diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.


3. 💡 Macam-Macam Bentuk Energi

Berikut adalah beberapa jenis energi yang sering kita temui:

a. Energi Panas (Kalor)

  • Sumber: Matahari, api, kompor.

  • Contoh: Menjemur pakaian, memasak.

b. Energi Cahaya

  • Sumber: Matahari, lampu, lilin.

  • Contoh: Membantu kita melihat, membantu tumbuhan berfotosintesis.

c. Energi Gerak (Kinetik)

  • Sumber: Benda yang bergerak, seperti angin, sepeda yang berjalan.

  • Contoh: Kipas angin yang berputar, sepeda yang melaju.

d. Energi Bunyi

  • Sumber: Getaran benda, seperti gitar, drum, radio.

  • Contoh: Suara musik, suara manusia saat berbicara.

e. Energi Listrik

  • Sumber: Pembangkit listrik, baterai.

  • Contoh: Menyalakan lampu, televisi, komputer.

f. Energi Kimia

  • Sumber: Makanan, baterai, bahan bakar.

  • Contoh: Makanan memberi energi pada tubuh, bensin menggerakkan kendaraan.


4. 🔁 Perubahan Bentuk Energi

Energi bisa berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Contoh:

  • Setrika: Energi listrik → Energi panas.

  • Kipas angin: Energi listrik → Energi gerak.

  • Lampu: Energi listrik → Energi cahaya.


5. 📌 Contoh Penggunaan Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari

KegiatanEnergi yang Digunakan
Menyalakan lampuEnergi listrik → cahaya
MemasakEnergi panas
BersepedaEnergi gerak
Mendengarkan musikEnergi listrik → bunyi


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar