KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Kamis, 18 September 2025
Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS
Alat Peraga : Lembar Soal Sumatif Harian
Metode Pembelajaran : Penugasan
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami sikap disiplin dalam penerapan sehari - hari. Mari kita lanjutkan dengan kegiatan sumatif harian ke 2 pada hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
SENI RUPA
Tujuan Pembelajaran
Menyimpulkan Hasil Pengamatan Terhadap Unsur Rupa dan Prinsip Desain
1. Pengertian Unsur Rupa dan Prinsip Desain
Unsur Rupa adalah bagian-bagian yang membangun sebuah karya seni. Contohnya:
- Garis
- Bentuk
- Warna
- Tekstur
- Ruang
Prinsip Desain adalah aturan atau cara untuk menyusun unsur rupa agar karya seni menjadi menarik dan rapi. Contohnya:
- Keseimbangan
- Irama
- Kesatuan
- Kontras
- Penekanan
2. Cara Mengamati Unsur Rupa dan Prinsip Desain
Ketika kamu mengamati sebuah gambar, lukisan, atau benda seni, perhatikan:
- Apa saja unsur rupa yang terlihat? Misalnya, apakah ada garis-garis yang jelas?
- Bagaimana warna yang digunakan? Cerah atau gelap?
- Apakah benda seni itu terlihat seimbang atau berat sebelah?
- Apakah ada pola atau pengulangan yang menarik?
3. Menyimpulkan Hasil Pengamatan
Setelah mengamati, kamu bisa menyimpulkan dengan cara:
Lisan:
“Dalam gambar ini, saya melihat ada banyak garis lengkung yang membuat bentuknya terlihat halus. Warna-warnanya cerah, seperti merah dan kuning, sehingga terasa ceria. Desainnya seimbang karena bentuk dan warnanya merata di seluruh gambar.”
Tulisan:
“Gambar tersebut menggunakan unsur rupa garis, bentuk, dan warna yang cerah. Prinsip desain yang tampak adalah keseimbangan karena elemen di kanan dan kiri gambar hampir sama. Selain itu, ada penekanan pada bagian tengah gambar yang menggunakan warna merah lebih mencolok.”
4. Contoh Latihan
Perhatikan gambar atau benda seni di sekitarmu!
Tuliskan:
- Unsur rupa apa saja yang kamu lihat?
- Prinsip desain apa yang digunakan?
- Bagaimana kesan yang kamu dapat dari karya tersebut?
1. Apa yang dimaksud dengan pelestarian makhluk hidup?
a. Membuat makhluk hidup menjadi punah
b. Menjaga dan melindungi makhluk hidup agar tidak punah
c. Mengambil semua hewan dari habitatnya
d. Mengubah semua tumbuhan menjadi binatang
2. Salah satu cara pelestarian tumbuhan adalah…
a. Menebang pohon secara liar
b. Menanam kembali pohon yang ditebang
c. Mengambil semua buah dari pohon
d. Membiarkan hutan terbakar
3. Berikut ini adalah contoh pelestarian hewan, kecuali…
a. Membuat suaka margasatwa
b. Menangkap hewan liar secara berlebihan
c. Melindungi habitat hewan
d. Mengembangbiakkan hewan yang hampir punah
4. Hewan yang hampir punah harus kita…
a. Biarkan saja supaya punah
b. Diburu dan dijual
c. Dilindungi dan dipelihara
d. Dibiarkan kelaparan
5. Ciri makhluk hidup yang berarti makhluk hidup dapat menghasilkan keturunan disebut…
a. Bergerak
b. Bernapas
c. Berkembang biak
d. Makan
6. Makhluk hidup dapat tumbuh dan…
a. Mati tiba-tiba
b. Bertambah besar dan berat
c. Berubah warna tanpa sebab
d. Tidak pernah berubah
7. Berikut ini yang bukan ciri makhluk hidup adalah…
a. Makan
b. Bergerak
c. Tidur sepanjang waktu
d. Bernapas
8. Dalam rantai makanan, tumbuhan berperan sebagai…
a. Konsumen
b. Produsen
c. Pengurai
d. Predator
9. Hewan yang memakan hewan lain disebut…
a. Herbivora
b. Karnivora
c. Produsen
d. Pengurai
10.Tempat khusus yang dibuat untuk melindungi hewan dan tumbuhan disebut…
a. Kebun binatangb. Suaka margasatwa
c. Pasar hewan
d. Taman bermain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar