Senin, 29 September 2025

Selasa, 30 September 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Selasa, 30 September 2025

Mata Pelajaran : Matematika dan Pendidikan Pancasila

Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan, diskusi

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang  mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik. Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

PENDIDIKAN PANCASILA

Tujuan Pembelajaran

Murid dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya.

Materi :

📚 Materi: Dampak Pelanggaran Norma

Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila
Topik: Dampak Pelanggaran Norma


🧠 Apa Itu Norma?

Norma adalah aturan atau tata tertib yang berlaku di masyarakat. Norma dibuat agar kehidupan bersama menjadi tertib, aman, dan damai.

Contoh norma:

  • Norma agama (berdoa sebelum makan)

  • Norma kesopanan (mengucapkan salam)

  • Norma hukum (tidak mencuri)

  • Norma sosial (membuang sampah pada tempatnya)


⚠️ Contoh Pelanggaran Norma

  • Tidak membuang sampah pada tempatnya

  • Berbohong kepada guru atau orang tua

  • Tidak menghormati orang yang lebih tua

  • Menyontek saat ulangan

  • Mencoret-coret tembok sekolah

  • Melanggar aturan lalu lintas


❗ Dampak Pelanggaran Norma

Jika seseorang melanggar norma, maka akan ada dampak atau akibatnya, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

1. Dampak bagi Diri Sendiri

  • Mendapat teguran atau hukuman

  • Tidak dipercaya orang lain

  • Dijauhi oleh teman

  • Merasa tidak nyaman dan bersalah

2. Dampak bagi Orang Lain

  • Orang lain bisa ikut rugi atau susah

  • Menimbulkan pertengkaran atau perpecahan

  • Lingkungan menjadi tidak aman atau tidak nyaman

3. Dampak bagi Lingkungan dan Masyarakat

  • Lingkungan menjadi kotor dan rusak

  • Tatanan masyarakat menjadi kacau

  • Banyak orang menjadi saling curiga

🧠 A. Pengertian Norma dan Aturan

  • Norma adalah aturan atau pedoman yang mengatur perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari agar hidup tertib dan damai.

  • Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk ditaati oleh semua orang dalam suatu lingkungan tertentu.

🔍 Perbedaan:

  • Norma lebih bersifat sosial dan etika.

  • Aturan biasanya tertulis dan memiliki sanksi yang jelas jika dilanggar.


🏠 B. Contoh Norma dan Aturan di Lingkungan Sekitar

1. Lingkungan Rumah

Norma / AturanJenis Norma/Aturan
Menghormati orang tuaNorma Kesopanan
Tidak membantah saat dinasihatiNorma Kesusilaan
Membersihkan kamar sendiriAturan keluarga

2. Lingkungan Sekolah

Norma / AturanJenis Norma/Aturan
Memakai seragam rapi dan lengkapAturan Sekolah
Tidak menyontek saat ujianNorma Kejujuran
Menghormati guru dan temanNorma Kesopanan
Masuk tepat waktuAturan Disiplin

3. Lingkungan Masyarakat

Norma / AturanJenis Norma/Aturan
Tidak membuang sampah sembaranganNorma Kebersihan
Mengikuti kegiatan kerja baktiNorma Sosial
Tidak membuat keributan di malam hariAturan Ketertiban


📊 C. Mengklasifikasikan Norma dan Aturan

Untuk mengklasifikasikan, murid dapat menjawab:

  1. Di mana aturan itu berlaku? (Rumah / Sekolah / Masyarakat)

  2. Apakah aturan itu termasuk norma kesopanan, kesusilaan, keagamaan, hukum, atau aturan tertulis?

  3. Apa tujuan dari aturan itu?


🧩 D. Aktivitas Murid

✏️ Tugas Individu

Lengkapi tabel berikut dengan contoh dari lingkungan sekitar murid:

NoContoh Perilaku / AturanTempat BerlakuJenis Norma/Aturan
1
2

👥 Diskusi Kelompok

Diskusikan dan tulis 3 aturan yang harus dipatuhi saat:

  • Bermain di lingkungan rumah

  • Belajar di sekolah

  • Berada di jalan raya


🧠 E. Refleksi

  • Apa manfaat mematuhi norma dan aturan?

  • Apa akibat jika melanggar aturan?


📌 Penilaian

  • Pengetahuan: Menjawab pertanyaan tentang jenis norma.

  • Keterampilan: Mengklasifikasikan norma dalam tabel.

  • Sikap: Aktif berdiskusi dan menghormati pendapat teman.

MAPEL MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:

  1. Memahami konsep pecahan senilai.

  2. Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dengan pecahan tertentu.

  3. Membuat pecahan senilai dengan menggunakan gambar dan bilangan.

  4. Menyelesaikan soal-soal tentang pecahan senilai.


MATERI AJAR MATEMATIKA: PECAHAN SENILAI

KONSEP DASAR: APA ITU PECAHAN SENILAI?

Pecahan Senilai adalah dua atau lebih pecahan yang memiliki nilai yang sama, meskipun pembilang dan penyebutnya berbeda.

📌 Contoh:

12=24=36=48

👉 Semua pecahan di atas bernilai setengah. Jadi, mereka adalah pecahan senilai.


🔍 CARA MENENTUKAN PECAHAN SENILAI

✅ 1. Dengan Mengalikan Pembilang dan Penyebut

Contoh:

23 dikalikan 2 =2×23×2=4623 dikalikan 3 =69

Jadi, pecahan senilai dari 23 adalah:
46,69,812, dan seterusnya.


✅ 2. Dengan Membagi Pembilang dan Penyebut

Contoh:

1015 dibagi 5 =10÷515÷5=23

Jadi, 1015 dan 23 adalah pecahan senilai.


✅ 3. Dengan Menggambar / Visualisasi

Gunakan gambar persegi panjang atau lingkaran, lalu bagi menjadi beberapa bagian dan arsirlah sesuai pecahan.

Contoh:

  • Gambar satu persegi panjang dibagi 2 bagian, arsir 1 bagian = 12

  • Gambar lain dibagi 4 bagian, arsir 2 bagian = 24

👉 Keduanya menunjukkan bagian yang sama → Pecahan senilai.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

KESIMPULAN DAN REFLEKSI

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini  sebagian murid mampu memahami mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya. dan dapat menyebutkan contohnya. Namun masih ada murid yang belum memahami mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya.  serta belum dapat menyebutkan contohnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberikan contoh kongkret. Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 08 Oktober 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu, 08 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Seni Rupa dan IPAS Alat Perag...