KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Rabu, 24 September 2025
Mata Pelajaran : B Indonesia, Seni Rupa dan Ipas
Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT
Metode Pembelajaran : Penugasan
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang pengurangan dengan tanpa tekhnik menyimpan. Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
BAHASA INDONESIA
ELEMEN :
Berbicara dan mempresentasikan
Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik
CP
Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal-hal di lingkungan sekitar.
MATERI
*Materi Bahasa Indonesia* Kelas 4
Mengemukakan Pendapat dalam Diskusi Kelompok
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
Mengemukakan pendapat dengan jelas dalam diskusi kelompok.
Menggunakan suara yang cukup keras dan intonasi yang tepat saat berbicara.
Menghargai pendapat teman dalam diskusi.
*B. Pengertian Diskusi Kelompok*
Diskusi kelompok adalah kegiatan bertukar pikiran atau membahas suatu topik bersama beberapa orang dalam satu kelompok.
*Tujuannya adalah:*
Menyelesaikan masalah bersama.
Mendapatkan ide atau pendapat yang beragam.
Melatih kerja sama dan rasa saling menghargai.
C. Cara Mengemukakan Pendapat yang Baik
Agar pendapat kita mudah dipahami dalam diskusi, perhatikan hal-hal berikut:
1. Berbicara dengan Jelas
Ucapkan kata-kata dengan benar dan tidak terburu-buru.
Gunakan kalimat yang mudah dipahami.
2. Gunakan Suara yang Cukup Keras
Jangan terlalu pelan atau terlalu keras.
Pastikan teman satu kelompok bisa mendengarkan dengan nyaman.
3. Gunakan Intonasi yang Tepat
Naik-turunkan suara sesuai dengan bagian penting dari kalimat.
Jangan berbicara dengan nada datar.
4. Sampaikan Pendapat dengan Sopan
Gunakan kata-kata seperti:
“Menurut saya...”
“Saya berpendapat bahwa...”
“Kalau saya boleh menyarankan...”
5. Hargai Pendapat Orang Lain
Jangan memotong pembicaraan teman.
Dengarkan dengan baik.
Tidak mengejek pendapat orang lain, walaupun berbeda.
D. Contoh Situasi Diskusi
Topik: "Apakah kantin sekolah sebaiknya menjual jajanan sehat saja?"
Contoh siswa menyampaikan pendapat:
“Menurut saya, kantin sekolah sebaiknya hanya menjual jajanan sehat, karena bisa menjaga kesehatan kita. Makanan tidak sehat bisa membuat sakit.”
*Perhatikan:*
- Kalimat jelas.
- Suara terdengar oleh semua teman.
- Intonasi tegas dan tidak monoton.
- Pendapat disampaikan dengan sopan.
*E. Latihan*
Tugas Kelompok:
Bentuk kelompok kecil (4–5 orang). Diskusikan topik berikut:
“Apakah kita perlu membawa bekal dari rumah setiap hari?”
Setiap siswa harus menyampaikan pendapatnya.
*Penilaian:*
1. Apakah pendapat disampaikan dengan jelas?
2. Apakah suara cukup terdengar?
3. Apakah intonasi digunakan dengan baik?
4. Apakah menghargai pendapat teman?
MATA PELAJARAN IPAS
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid mampu memberikan contoh tindakan ramah lingkungan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI AJAR
LANGKAH-LANGKAH DALAM MELAKUKAN TINDAKAN RAMAH LINGKUNGAN
Apa Itu Tindakan Ramah Lingkungan?
Tindakan ramah lingkungan adalah segala aktivitas yang dilakukan manusia untuk menjaga alam agar tetap bersih, sehat, dan lestari.
Contoh sederhana:
Membuang sampah pada tempatnya
Menghemat air dan listrik
Menanam pohon
B. Mengapa Kita Harus Melakukan Tindakan Ramah Lingkungan?
Alasan penting:
Menjaga kesehatan manusia dan makhluk hidup lain
Mengurangi pencemaran udara, air, dan tanah
Melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang
C. Langkah-Langkah Melakukan Tindakan Ramah Lingkungan
1. Menyadari Dampak Kegiatan Kita
Pahami bahwa kegiatan sehari-hari bisa berdampak pada lingkungan.
Contoh: Membuang plastik sembarangan mencemari sungai.
2. Mulai dari Diri Sendiri
Biasakan hal-hal kecil yang ramah lingkungan.
Contoh:Membawa botol minum sendiri
Memakai tas belanja kain
3. Mengelola Sampah dengan Benar
Pisahkan sampah organik dan anorganik
Gunakan kembali barang-barang yang masih bisa dipakai
Daur ulang bahan seperti botol plastik, kertas bekas
4. Menghemat Energi
Matikan lampu saat tidak digunakan
Cabut charger setelah selesai
Gunakan air secukupnya saat mandi atau mencuci
5. Menanam dan Merawat Tanaman
Tanam pohon di pekarangan
Rawat tanaman kelas atau sekolah
Ikut kegiatan tanam pohon bersama
6. Mengajak Orang Lain
Ajak teman, keluarga, dan warga sekitar untuk ikut peduli
Buat poster atau kampanye sederhana tentang menjaga lingkungan
D. Contoh Kegiatan Ramah Lingkungan di Sekolah
Membuat tempat sampah terpisah
Program “Jumat Bersih”
Menanam bunga atau sayur di kebun sekolah
Tidak mencoret-coret meja dan tembok
E. Penilaian dan Refleksi
Ayo Coba!
Sebutkan 3 tindakan ramah lingkungan yang kamu lakukan di rumah!
Apa manfaat menanam pohon bagi lingkungan?
Buatlah daftar 5 langkah ramah lingkungan yang bisa kamu lakukan minggu ini!
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
Tidak ada komentar:
Posting Komentar